Atasi GPT Partition Style Saat Install OS Windows




Atasi GPT Partition Style Saat Install OS Windows
Atasi GPT Partition Style Saat Install Os Windows


Saya rasa pasti anda pernah mengalami yang nama nya kesalahan pada saat menginstall windows 7,8 atau pun windows 10, yang  muncul sebuah pesan "Windows can't be installed on drive 0 (show details) dan pada saat kita ingin klik show detail isinya seperti berikut ini "Windows cannot be installed to the disk. The disk is of the GPT partition style"

hehe pasti anda terkejut melihat pesan sperti diatas, apalagi anda baru pertama kali menginstall os windows di laptop, dari pengalaman saya cara tersebut bisa di atasi dengan anda membaca sampai akhir artikel ini, saya sahare penjelasan ini karena saya sudah alami terlebih dahulu sebelumnya masalah pesan error di atas, 

Guide Partition Table atau di sebut juga sebagai GPT ini merupakan format partisi harddisk yang baru saja muncul, saran saya jika anda ingin menginstal ulang Os windows di laptop anda, maka kita harus terlebih dahulu merubah format disk tersebut, untuk lebih jelasnya anda simak penjelasan di bawah ini.

# Install Os Windows
 Nah Sebelum anda menginstal Os windows yang hardisknya berformat partition style, sebaiknya anda backup dulu semua data
karena untuk menghapus GPT partition style ini syaratnya disk harus di clean artinya data akan terhapus semua

1. langkah pertama kita masuk dulu kebios dan anda ganti terlebih dahulu ke boot mode UEFI menjadi CSM boot atau Legacy. Nah Untuk cara masuk kebios bisa menekan tombol del atau f2, jika sudah masuk maka kemudian anda pilih advance-system configuration-boot mode.
2. Jika sudah terlaksana semuanya, maka anda bisa masukan CD instalasi windows setelah muncul jendela welcome instalasi, dan tekan tombol shift dan f10 secara bersamaan.
3. Selanjutnya akan muncul sebuah tampilan cmd maka anda bisa ketik diskpart tujuannya untuk menjalankan aplikasi diskpart tersebut.
4. Nah jika sudah masuk ke tampilan diskpart, dan anda ketik list disk yaitu fungsinya untuk menampilkan sebuah daftar disk dan lihat disk yang ada tanda * pada kolom GPT (ini artinya disk tersebut memakai format gpt). Anda bisa Lihat gambar di bawah ini.


5. Bagi anda yang ingin menghapus GPT partition style, maka bisa anda pilih disk yang ada tanda * pada kolom gpt tadi lalu anda  ketik select disk=0 (ini karena pada tutorial yang format gpt ada di disk 0).



6. Apabila sudah muncul "Disk 0 is now the selected disk" di tahapan ini hampir selesai, langsung saja anda ketikan clean. Anda bisa bersabar tunggu sebentar hingga proses selesai, selanjutnya anda restart laptop milik anda, taraa sekarang laptop anda sudah ready untuk menginstall windows lagi.

Baca juga cara-mudah-mengecek-tipe-hardisk

Penjelasan mungkin cukup sampai disini dulu, jika ada yang kurang paham bisa di tanyakan, selamat berhasil dan bisa bermanfaat untuk anda. salam blogger.

Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.



Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>


Join on this site

with Google Friend Connect