Pengertian PageRank Google, SEO, Google PageRank




Pengertian PageRank Google, SEO, Google PageRank

Pengertian Google  PageRank Google, SEO
Google PageRank, dan bagaimana pengertian serta cara untuk menghitung Google pagerank itu? nah dari beberapa sumber yang telah saya baca, Google Pagerank adalah yaitu alat pembanding untuk mengukur arti dan pentingnya sebuah halaman web di dunia internet. 

Google Page Rank (biasa disebut PR) pada awalnya dikembangkan oleh bernama Larry Page, co-owner Google, algoritma Pagerank sudah berubah selama bertahun-tahun seperti kebanyakan algoritma Google lainnya, bahkan algoritma PR adalah rahasia umum yang terjaga dengan baik.

Penggunaan Google PageRank
Google PageRank bisa kita gunakan untuk melihat apakah sebuah halaman tersebut ada memiliki otoritas atas isinya, jika semakin tinggi peringkat halaman maka lebih tinggi kualitas dan otoritas dari halaman web lainya. Sebuah peringkat halaman dari 5 (PR 5) ini artinya bahwa halaman web mempunyai suatu pegangan yang kuat atas isi yang ada di dalamnya tersebut.

Dan sementara peringkat halaman dari 2 berarti halaman itu hanya artinya merupakan sumber informasi yang biasa dan belum mempunyai kualitas yang tinggi dengan informasi yang ada didalamnya, untuk web/blog yang masih baru biasanya belum mempunyai pagerank (PR N/A).

Dan Bagaimana PageRank Dihitung
Dalam pembahasan tersebut, kita hanya bisa menebak faktor-faktor yang membentuk Google PageRank. Namun ini umumnya diketahui bahwa faktor yang paling penting dari Pagerank Google yaitu link dari website lain yang terkait (link dofollow yang relevan, bukan nofollow), Jadi semakin tinggi peringkat halaman dari sebuah halaman web yang link ke anda maka lebih tinggi peringkat halaman anda pula, semakin banyak jumlah halaman web yang nge-link ke anda juga akan bisa menaikkan peringkat halaman anda. 

Maksud dari link dofollow yang relevan adalah link yang mempunyai relevansi dengan apa yang ada pada halaman web/blog anda, sebagai contoh web/blog anda bertemakan membahas tentang masalah handphone maka anda harus mencari link dofollow dari website lain dengan tema handphone juga, jangan anda mencari link yang bertemakan tentang masalah musik, kesehatan, game dll artinya tidak sesuai dengan apa yang anda bahas pada artikel website/blog anda tersebut.

Faktor lainnya yang mungkin mempengaruhi Pagerank Google
  • Optimasi Search Engine (SEO)
  • Jaringan Sosial
  • Komentar
  • Waktu pada Halaman (berapa lama pengunjung diam di halaman web)
  • Bounce Rate (persentase dari pengunjung masuk dan keluar dari halaman web)
Apakah High PR Akan Lebih Baik Pada Hasil Pencarian (SERP/Search Engine Result Page)
Google PageRank yang lebih tinggi pasti akan membantu anda dalam SERP dan di-indeks lebih cepat, Namun tidak selalu berarti bahwa semakin tinggi peringkat halaman blog anda akan lebih baik  pula pada hasil pencarian. 

Hal lain yang masuk ke dalam perhitungan Google untuk memutuskan halaman mana yang bisa mendapatkan peringkat tinggi pada search engine. Google Pagerank pasti akan membantu tetapi itu bukan untuk segalanya dapat memutuskan website/blog anda akan  bisa mendapatkan di posisi pertama pada hasil pencarian

Nah Kapan Google PageRank Bisa di Dapatkan
Hem untuk masalah ini, Google pagerank biasanya akan di-update setiap 3 bulan atau 4 sekali dalam setahun, saya saran kan anda cobalah untuk membuat artikel yang menarik bagi web anda, dan carilah link dofollow yang relevan dari website/blog atau sumber lain yang mempunyai ranking lebih tinggi dari web anda.

Satu lagi ingat jangan mencari link yang terlalu banyak dalam waktu yang singkat, hal ini karena dapat membuat Google akan menjadi mencurigai  pada website/blog anda. jadi anda bisa hati-hati saja lah karena Google sangat ketat dengan website spam), anda harus update web/blog anda dengan konten yang fresh dan menarik maka sedikit demi sedikit saya yakin Google akan mempercayai situs anda dan pagerank pun bisa anda dapatkan. 

Bagi anda yang ingin untuk mengecek pagerank dari situs anda silahkan anda masuk ke situs PRChecker
Semoga Tips SEO ini membantu anda, jika terdapat kesalahan dalam penulisan maupun penjelasan harap di maklumi, dan terimaksih sudah berkunjung.


Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.

Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect