Cara Mengecek Link Error Pada Blog/ Website




Cara Mengecek Link Error Pada Blog/ Website
Cara Mengecek Link Error Pada Blog/ Website. Saya yakin rekan-rekan blogger semua, pasti selama ini pada asyik mengurusin blog/website kalian kan? tah itu fokus untuk membuat artikel atau postingan, edit website dan lainnya sampai- sampai lupa untuk mengecek kesehatan blog kalian selama ini. berbicara mengenai kesehatan blog sangat lah penting bro. Lohhh kenapa demikian, jelas lah sangat penting karena saya kasih contoh bila anda sakit atau saya yang sakit bagaimana kita ingin berkativitas seperti biasa? tentu tidak bisa kan. makan pun tak habis mandi pun tak basah. hehe. 

Nah jadi blog tidak jauh beda akan seperti itu juga, jika blog kita kurang sehat maka jangan harap blog akan bagus di mata google, terutama si pengunjung saat ingin mengakses alamat URL postingan blog kita, dan terdapat banyak Link yang rusak atau Error, ini sudah tentu si pengunjung malas untuk berlama-lama masuk di blog kita. Dan hal tersebut mungkin bisa berdampak pada peringkat blog, backlink maupun SEO dan masih banyak lainnya lagi.

Contoh nya seperti blog mizipediacom ini awalnya Alexa Traffic Rank bagus di bawah 1 jutaan, tidak lama kemudian alexa rang blog saya terus membengkak hingga sampai menjadi 3 jutaan, ternyata setelah saya periksa di brokenlinkcheck banyaknya link yang Error, Mungkin memang ada dampaknya juga terdapat banyak link rusak. dan masih banyak lainnya lagi faktor pencetus blog kita bisa menurut kualitas nya.  Oh ya saya akan menjelasakan sedikit penjelasannya mengenai tujuan dari kita memeriksa kesehatan pada blog. Nah jika anda suka bisa simak penjelasan di bawah ini.

Tujuan dari cek link Error  atau link yang rusak untuk mengetahui seberapa banyak link yang tidak dapat dikunjungi yang ada pada blog maupun website kita. Selain tujuan mengetahui, sebagai pemilik blog juga diperlukan untuk cek link website guna untuk menjaga kesehatan pada sebuah blog maupun website, agar untuk memudahkan Anda dalam melindungi kesehatan blog/website anda.

Sebagian blogger menganggap link yang error atau rusak tidak dipersoalkan, hal ini dikarenakan website atau blog yang mereka bangun sudah banyak sekali artikel yang mereka isi pada sebuah blog, sehingga sudah merasa malas untuk memperbaiki link error yang ada. Tetapi bagi Anda yang baru membangun sebuah blog dan juga berkeinginan untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan publisher seperti google adsense. Maka, kesehatan blog mengharuskan untuk selalu Anda jaga, apa lagi terdapat banyak link yang rusak atau error, hal ini tentu memang sama sekali tidak di benarkan.!!

Jadi jika Anda ingin memperbaiki link yang rusak atu Error yang terdapat pada blog/ website. Langkah utama hal yang perlu Anda ketahui untuk memperbaikinya tentu sangatlah mudah jika kita mau berusaha mencari link yang rusak tersebut, bagaimana tidak, sebagai pemilik blog/website cukup dengan menghapusnya saja sudah selesai. CUkup Gampangkan bukan? Namun akan tetapi tanpa Anda mengetahui dimana link-link yang  rusak sekian banyak di dalam sebuah blog itu, sudah tentu akan membingungkan Anda pasti kan. hehe


Sebelum anda ingin menghapus serta memperbaiki link yang rusak atau error yang terdapat pada blog anda. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah  terlebih dulu anda bisa mengecek agar memudahkan saat memperbaikinya. Nah untuk lebih jelasnya anda bisa simak penjelasan langkah- langkah di bawah ini cara untuk mengetahui link yang sudah rusak.

Berikut ini cara mudah cek broken link atau yang sering disebut link error/ rusak pada sebuah blog

# Pertama 
  1. Cek link error pada situs Anda dengan cara menggunakan tool gratis yakni pada laman brokenlinkcheck. Dengan broken link chek ini akan mengetahui dimana ada terdapat link rusak/ error pada blog anda.
  2. Pastikan juga Anda sudah membuka laman brokenlinkcheck.com pada layar komputer atau laptop Anda
  3. Selanjutnya silahkan anda isikan alamat atau URL situs blog Anda ke tool gratis tersebut.
  4. dan pada saat anda memasukkan alamat URL blog Anda dengan benar pada laman broken link chek.
  5. Untuk memudahkan Anda saat mengisi alamat URL blog dengan benar. Maka lihat tanda panah merah pada gambar di bawah ini.
# Kedua
  1. Langkah selanjutnya, setelah Anda klik pada tulisan “Find Broken Links”, maka Anda akan dibawa ke laman selanjutnya, yakni diperlukan untuk mengisi “Security code”.
  2. Pastikan Anda mengisi security code dengan benar, agar bisa jalan saat klik pada find broken links now!.
  3. Bila sudah benar, maka silahkan klik pada “Find Broken Links Now” agar proses cek link error atau link rusak bisa di cek secara otomatis dengan tool gratis ini.
  4. Tinggu proses broken link chek selesai atau completed, agar dapat melihat apakah blog atau website Anda terdapat link yang error atau tidak.
  5. Untuk lebih jelas lihat pada gambar di bawah ini.
#Ketiga
Selanjutnya Anda akan melihat status kesehatan link pada sebuah blog. Bila website Anda mendapatkan banyak link yang error, maka akan nampak jelas. Namun, bila chek broken link sudah selesai atau completed, dan status link pada situs blog Anda tidak mendapatkan link error atau rusak. Maka hasilnya juga jelas. Artinya tidak ada link error atau rusak terdapat pada situs blog anda.


Nah untuk lebih jelas agar Anda lebih paham dengan cara cek link error atau link yang rusak dengan tool gratis ini yakni broken link chek. Maka dapat melihat gambar di bawah ini dimana status link error/ rusak maupun status link yang tidak error/  di bawah ini saya menyediakn gambar contoh link yang rusak dan tidak ada link rusak.

Contoh gambar di bawah tidak ada link yan g rusak ( Blog dalam Keadaan Sehat)

Contoh gambar di bawah ini terdapat link error/ rusak

Mungkin penjelasan singkat saya pada sinag ini cukup sampai disini dulu ya, menegenai Cara Mengecek Link Error Pada Blog/ Website. Dengan menggunakan cara di atas, maka Anda akan mengetahui semua link rusak atau error yang ada pada sebuah situs blog maupun website. Terimakasih sudah berkujung. Salam Blogger.

Baca Juga: Pengertian PageRank Google, SEO, Google PageRank

Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.

Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect