Cara mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger




Cara mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger
Cara mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger
Beberapa hari yang lalu saya di kejutkan dengan munculnya Notif Ads.text di akun Adsense milik saya, saya pikir akun google milik saya akan kena banned oleh google. namun saya coba mencari tau di internet ternyata ada perubahan baru yang di terapkan oleh google adsense. 

Saya merasa legah sedikit karena akun google saya tidak kenapa- kenapa. Nah tidak sedikit juga banyak dari para blogger yang mendapatkan notif Ads.tex di akun mereka, bahwa isu ads.txt ini sudah sampai ke developer Blogger dan mereka berencana akan meng-update-nya di bulan Januari 2018.

Namun ternyata seperti yang telah disampaikan oleh tim Blogger, dan mereka akhirnya merilis ads.txt 
di dashboard Blogger tepat pada tanggal 31 Januari 2018 ini.

Untuk lebih jelasanya Anda dapat melihatnya di dashboard >> Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom ads.txt. Lihat gambar di bawah ini.




Seperti yang saya katakan pada postingan sebelumnya, ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. yang artinya bahwa kita telah memberikan izin pada pihak tertentu seperti Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga dapat mencegah invalid activity.


Nah penggunaan ads.txt ini sebenarnya tidak diharuskan, namun telah direkomendasikan oleh pihak google adsense untuk digunakan khususnya bagi penayang AdSense.

Bagi para rekan blogger atau publisher AdSense, apabila Anda ingin mengaktifkan ads.txt, cara nya sangat lah mudah, tidak perlu pusing-pusing, dan silahkan ikuti langkah sebagai berikut:

Pertama Silahkan masuk ke di dashboard >> Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom ads.txt lalu klik edit dan pilih Yes. lihat sperti contoh  pada gambar di atas ya. ikuti tanda panah merah.

Selanjutnya anda akan menemukan  editan tersebut, di dalam kotaknya silahkan anda salin dan simpan kode di bawah ini kedalam kotak edit tersebut.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jangan lupa anda ganti kode pub-0000000000000000 dengan ID Penayang AdSense milik Anda dan jangan lupa klik Save.

Bagi anda yang masih bingung dengan ID Penayang AdSense Anda, silahkan lihat di dashboard Adsense >> Setting >> Account >> Account Information seperti gambar berikut:

Jika ingin mengecek apakah ads.txt sudah aktif di blog kita, silahkan cek dengan URL berikut: Temukan kode dibawah ini :

http://www.domainAnda.com/ads.txt

Cara di atas khusus bagi anda yang sudah upgread domain url blogspot menjadi nama anda atau di sebut (Top Level Domain). maka bisa ikuti langkah-langkah yang telah di jelaskan di atas.
UPDATE

(1/2/2018)
Ini untuk blog yang mendaftar adsense melalui menu Earning di dasboard blogger, namun pada saat sekarang ads.tex sudah otomatis aktif meskipun tidak diaktifkan secara manual seperti penjelasan di atas.
Dan jika seblumnya anda telah mendaftar ke google Adsense melalui menu Earning di dasboard blogger seperti di bawah ini, namun di tolak (disapproved) dan sekarang anda menampilkan iklan dari akun Google Adsense yang lain yang non hosted, jadi anda bisa alihkan atau swith akun Adsense di menu Earning tersebut ke akun yang anda gunakan sekarang. 

Nah dengan begitu maka Ads,txt akan segera otomatis aktif dengan akun yang anda gunakan sekarang ini meskipun tidak di aktifkan secara manual seperti penjelasan langkah-langkah di atas.

Sedikit saran dari saya untuk anda, sebaiknya anda harus aktifkan saja Ads.txt secara manual seperti pada penjelasan di atas, gunanya adalah untuk semua blog yang menayangkan iklan Adsense untuk memastikan bahwa kita memang sudah benar-benar mengaktifkan ads.txt dengan akun yang sedang digunakan.

Demikian penjelasan singkat yang saya bagikan ini, semoga bisa membantu anda yang sedang kebingungan untuk mengaktifkan iklan google adsense kembali. jika ada kurang jelas bisa di tanya di kolom komentar di bawah ini. saya akan membantu anda. thanks sudah berkunjung.

Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.



Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>


Join on this site

with Google Friend Connect