Cara Mudah Install Windows 7 dengan Flashdisk.




Cara Mudah Install Windows 7 dengan Flashdisk.
Cara Mudah Install Windows 7 dengan Flashdisk: Pada malam ini saya akan share Cara Mudah Instal Windows 7 dengan Flashdisk secara lengkap dan di dukung dengan gambar yang akan membuat Anda akan menjadi lebih mudah tentunya untuk memahami langkah-langkah tahap proses untuk penginstalan windows 7 pada Flashdisk. 

Nah untuk menginstall Windows 7 ini cukup lebih mudah dibandingkan Windows versi terbaru, jadi sebab itulah mungkin Windows 7 ini masih banyak yang menggunakan nya. Dan Windows 7 ini memiliki performa yang stabil sangat jarang mengalami error tentunya. 

Tidak hanya itu juga Windows 7 ini juga memiliki sistem cara kerjanya yang sangat simple dan mudah dipahami oleh siapa aja. dan untuk seorang pemula ini tentunya akan lebih cepat beradaptasi di Windows 7.

Untuk Persiapan Sebelum Menginstal Windows 7

1. Flashdisk minimal berkapasitas 4GB dan sudah mendukung format NTFS.
2. File ISO Windows 7.

Membuat Bootable Flashdisk
Disini saya memakai aplikasi Rufus untuk membuat bootable flashdisk. jadi terlebih dahulu silahkan  anda download aplikasi ini di laman resmi website Rufus.
Colokkan flashdisk ke port USB komputer atau laptop.
Anda buka aplikasi Rufus yang telah di download tadi.
Dan stikan flashdisk telah terbaca di Rufus. Perhatikan bagian Device akan ada nama dan kapasitas flashdisk.
* Kemudian anda klik icon Click to select an image.
Lalu anda cari file ISO Windows 7 selanjutnya klik Open.
Dan klik Start untuk memulai membuat bootable flashdisk.
Nah apabila muncul sebuah laman peringatan seperti gambar di bawah ini, anda klik OK.
Nah Proses untuk membuat bootable flashdisk sedang berlangsung dan anda tunggu prosesnya hingga benar-benar selesai.
Jika sudah kemudian anda Restart komputer atau laptop Anda.

Cara Mengatur Settingan Boot pada BIOS

Untuk cara Ini adalah langkah yang sangat penting yang harus anda ketahui, dan bila tidak anda lakukan maka proses penginstalan windows nya sudah pasti akan gagal. hehe

Nah setelah proses restart di atas, tahapan selanjutnya adalah Anda harus masuk ke BIOS untuk melakukan pengaturan Boot. Dan anda akan diminta untuk menekan tombol khusus ketika hendak masuk ke BIOS. Jadi anda harus perhatikan dengan baik ketika pertama kali Anda menghidupkan komputer atau laptop. Dibagian bawah layar sebelah kanan biasanya akan muncul petunjuk untuk menekan tombol berupa huruf atau angka agar bisa masuk BIOS.

Dan untuk laptop acer yang saya gunakan harus menekan tombol F2, namun hal ini tidak berlaku untuk semua laptop tentunya. Jika pada komputer atau PC biasanya harus menekan tombol Del,  Namun itu tidak berlaku di semua komputer juga pastinya. Semua tergantung brand laptop dan motherboard komputer yang Anda gunakan.

Jika anda sudah berhasil masuk pada BIOS, kemudian silahkan anda menuju Boot. Letakkan flashdisk diposisi pertama dan posisi selanjutnya mengikuti. Perhatikan gambar di bawah ini.

Bila sudah anda letakan usb installer anda pada urutan utama seperti gambar di atas, maka Jangan lupa di save tekan F10 dan biarkan sistem restart otomatis.

Jika muncul Press any key to boot from CD or DVD, silahkan tekan sembarang tombol dan selanjutnya proses penginstalan dimulai. 

Cara Install Windows 7

1. Untuk masalah bahasa penginstalan dan input keyboard biarkan saja. Atur format waktu menjadi Indonesia atau lokasi anda berada saat ini dan klik Next.
2. Dan anda Klik Install now.

3. Kemudian anda klik pada I accept the license terms untuk memberikan centang atau bisa juga dengan menekan tombol spasi, kemudian klik Next.

4. Anda klik Custom (advanced).
5. Dan sebaiknya Anda memecah partisi minimal menjadi 2 bagian dengan menggunakan Drive options (advanced).
6. Klik New, dan selanjutnya anda harus tentukan ukuran untuk partisi pertama, kemudian klik Apply.
7. Apabila muncul sebuah laman pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini, maka anda klik OK.
8. Selanjutnya anda buat partisi yang kedua dari sisa ukuran partisi yang pertama tadi. Caranya sama dengan langkah pada no 6.
9. Anda pilih Disk 0 Partition 2 (Partisi pertama yang telah Anda buat) sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian klik Next.
10. Anda bisa menunggu proses penginstalan Windows 7 sedang berlangsung dan tunggu sampai proses instal Windows ini sampai benar-benar selesai. Untuk proses ini bisa memakan waktu kurang lebih 30-45 menit. Jadi sambil menunggu anda bisa minum kopi atau cemilan, Nah selama proses ini berlangsung komputer atau laptop Anda akan restart secara otomatis beberapa kali. Jadi jangan takut ya. hehe
11. Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan nama komputer, kemudian klik Next.

12. Nah langkah selanjutnya adalah opsional alias tidak wajib. Ini maksudnya adalah tidak wajib membuat password. Namun tidak masalah juga jika ingin membuat password untuk akun Windows Anda, dan silahkan masukkan password sesuai dengan keinginan. Saran dari saya harus menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka. Untuk password hint, isikan kata atau kalimat yang akan membantu Anda mengingat password tersebut. Kemudian klik Next.

13. Anda bisa masukkan product key jika ada, lalu klik Next. Dan anda klik Skip, jika tidak mempunyai product key.
14. Anda akan diminta untuk melakukan setting Windows Update. Jika Anda menggunakan Windows 7 original, disarankan untuk memilih Use recommended settings. Tetapi jika tidak, anda bisa pilih Ask me later saja.
15. Selanjutnya adalah Untuk zona waktu pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Kemudian klik Next.
16. Selanjutnya adalah menentukan lokasi jaringan. Silakan pilih Public NetworkJika Anda menambahkan password pada langkah no. 12, maka Anda harus memasukkan password terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol Enter. Dan Proses instalasi Windows 7pun akhirnya sudah selesai dan berhasil.
17. Saya ucapakan selamat menggunakan windows 7. hehe.

Tidak terasa  membuat tutorial Cara Mudah Install Windows 7 dengan Flashdisk di mulai pukul 20:00 sampai 1:11 pagi, hahay gile- gile pegel badan semua nya. Baiklah sampai disini dulu penjelasan singkat saya pada pagi ini semoga bermanfaat untuk anda dan selamat untuk mencoba. Jika anda mengalami kendala bisa berkomentar di bawah ini. Dan Jangan sampai kelewatan update panduan terbaru dari mizipediacom


Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.



Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>


Join on this site

with Google Friend Connect