Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Pc/ Laptop yang Macet atau Hang




Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Pc/ Laptop yang Macet atau Hang

Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Pc/ Laptop yang Macet atau Hang

Bagi anda yang sudah menggunakan Komputer tentu saja sudah pernah mengalami PC/ Laptop yang crash atau hang. Sehingga akhirnya kita harus menunggu lama, dan sementara program atau file yang diinginkan kadang justru tidak dapat terbuka dengan cepat. Apabila anda menemukan permasalahan seperti ini tentu kita akan merasa sangat kesal ingin kita banting laptop/ pc milik kita tersebut, apa lagi jika kita sedang mengerjakan tugas- tugas yang penting hal seperti ini membuat kita bisa semakin emosional. huhhh.


Nah jika anda telah menghadapi permasalahan seperti di atas dan apa yang harus anda lakukan, apakah anda akan mematikan secara paksa atau berdiam saja menunggu proses loading sampai selesai? Dan tidak sedikit dari mereka saat dihadapkan pada situasi ini, saya yakin pasti anda akan mematikannya secara paksa lantaran tidak sabar menunggu lama. Apa lagi keadaan emosional tidak stabil tentu kita tidak memikirkan akibat apa-apa jika kita mematikan laptop dengan paksa. 

Lantas apa penyebab PC/ Laptop yang tiba-tiba macet dan bagaimanakah cara memperbaikinya? Nah bagi anda yang ingin menemukan masalah nya tersebut bisa anda baca terus simak penjelasan di bawah ini.

# Virus Pada Pc Anda

Bahwa keberadaan virus pada PC merupakan sebuah ancaman dan malapetaka. Hal ini lantaran dapat membuat PC milik anda menjadi tidak stabil bahkan beberapa fungsi yang ada pada PC tidak dapat bekerja dengan secara maksimal. Dan beberapa virus tersebut akan otomatis menghapus boot sektor yang ada pada hard drive sehingga sangat mustahil bagi Anda untuk start sebuah program.

Untuk cara mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan perlindungan dari virus tersebut secara rutin. Sebuah scanner virus sangatlah diperlukan supaya dapat mendeteksi virus dan menghapusnya secara otomatis. Dan hasil dari scan virus akan disimpan otomatis dalam file DAT. Seperti yang kita ketahui, bahwa file DAT harus kita perbarui secara rutin setiap mingguan atau bulanan dari situs perangkat lunak antivirus.

# Buffer Printer

Buffer adalah merupakan printer yang hanya memiliki sejumlah kecil memori. Pada saat melakukan pencetakan file, foto atau tulisan maka akan terjadi tindakan transfer dokumen untuk mencetak atau menciptakan sebuah file yang besar atau biasa disebut dengan file postcript. Tentunya hal inilah yang menjadikan sebuah beban berlebih pada Pc/Laptop anda, dan selain itu juga proses mencetak dokumen harus memerlukan cukup tenaga pada CPU sehingga kinerja Komputer jauh lebih lambat.

Ketika printer mencoba mencetak karakter yang tidak wajar, maka disinilah problematika sangat kerap terjadi. Bahkan, terkadang printer juga sangat sulit untuk dipulihkan yang diakibatkan oleh kekacuan dalam buffer printer. Cara memperbaikinya adalah dengan mencabut power printer hingga 10 detik. Lalu, nyalakan kembali printernya dan setting default printer.

# Kipas Central Processing (CPU)

Dengan adanya kipas pada CPU agar supaya memberikan hawa dingin saat PC bekerja berlebih sehingga  akan menimbulkan rasa panas. Jika, kipas pada CPU tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal, ini sudah tentu  membuat PC anda akan mudah macet atau hang. mengapa demikian? hal ini karena chip yang sudah overclocked. Bagi anda yang ingin mengatasinya yaitu dengan cara bisa anda mengganti kipas pada CPU pada PC Anda.

# Defragment Hard Disk

Untuk pemakaian PC/ Laptop secara terus menerus tentu sedikit demi sedikit akan membuat informasi yang ada di hard disk menjadi haus, hal inilah yang bisa menyebabkan Komputer mudah macet atau hang. seperti laptop saya hampr 1 harian on sehingga Hardisk terjadi error dan system komputer untuk bekerja melambat.

Cara mengatasinya adalah lakukan defragment hard disk setiap bulan supaya mencegah terjainya crash. Adapun cara melakukan defragment hard disk adalah buka Start Menu klik Aksesoris pilih System tool lalu klik Disk Fragmenter, setelah itu ikuti perintah selanjutnya.

# Aplikasi Atau Software Komputer

Nah untuk proses instalasi yang tidak sempurna pada software atau perangkat lunak akan menyebabkan PC/ Laptop akan menjadi hang. Hal ini lantaran, perangkat lunak atau software tersebut menjadi rusak. 

Untuk cara mengatasi permasalahan ini yaitu dengan cara melakukan instal ulang aplikasi yang belum sempurna atau menghapus aplikasi yang dicurigai tidak mampu bekerja dengan optimal lalu jika menginginkannya kembali maka dapat di instal ulang. 

Sebaiknya jika aplikasi yang sudah ada di dalam laptop anda, jika ingin di install, terlebih dahulu harap matikan koneksi internet pada laptop, ini saya rasa mungkin ada pengaruhnya juga pada saat kita mengintall aplikasi yang sudah ada kita simpan seblumnya pada laptop dapat memudah kan virus masuk ke laptop anda jika koneksi internet on

# Masalah Pada Resoluti Layar

Mungkin salah satu penyebab Komputer menjadi macet atau hang adalah bisa jadi masalah yang ditimbulkan oleh resolusi layar video. Cara dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengurangi resolusi layar video. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan klik start pilih setting, lalu control panel klik display lalu setting. Setelah itu lihat pengaturan warna di bagian kiri jendela. Untuk dekstop warna yang tinggi biasanya kedalaman 16 bit sudah cukup.

# Kerusakan Pada RAM ( random access memory)

Kerusakan pada RAM dapat menyebabkan layar mati, biasanya ditandai dengan pesan “Fatal Exception Error”. Jika mendapatkan pesan seperti ini tanda-tanda warning bahwa hardware sedang mengalami permasalahan yang serius atau kerusakan sehingga perlu dilakukan penggantian.

Cara mengatasinya adalah dengan mengatur BIOS sehingga wait state pada RAM akan meningkat, hal ini tentu bisa membuat RAM semakin stabil. Nah untuk cara lainnya yaitu dengan mengatur ulang pada chip RAM dengan membuka serta memasang di motherboard secara benar.


Demikian penjelasan singkat pada malam ini mengenai penyebab dan cara memperbaiki Komputer macet atau hang, Jadi jangan pandai menggunkan PC/ Laptop, namun anda harus pintar dalam menganalisa permasalahan manakah yang sesuai dengan problem PC Anda. Semoga penjelasan singkat di atas bisa membantu anda untuk memecahkan masalah pada laptop atau komputer anda.


Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.

Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect