Apa Itu Jaringan Komputer dan Fungsinya




Apa Itu Jaringan Komputer dan Fungsinya
Apa Itu Jaringan Komputer dan Fungsinya: Sebelumnya saya sudah pernah membagikan Cara Atasi Wifi Laptop/Pc No Terdeteksi Sinyal. Mungkin di antara kalian pasti ada yang sudah mengetahui maupun belum mengetahui apa itu apa itu Jaringan Komputer dan Fungsinya. 

Baik lah pada siang ini saya akan menjelaskan sedikit. Nah yang paling sering kita dengar untuk masalah komputer/ Pc yaitu Jaringan Komputer. Tentunya komputer yang sudah mempunyai sistem terkoneksi antara satu dengan yang lain pasti akan menggunakan istilah jaringan dalam penggunaannya. Untuk lebih jelasanya bisa anda simak macam-macam jenis jaringan komputer dan Fungsinya.
Tentuya jaringan yang terdapat pada komputer/Pc Fungsinya banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dengan banyaknya manfaat, maka tentu banyak yang akan memilih untuk menggunakan jaringan dengan sistem tertentu. Penggunaannya dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan sehingga bisa mempermudahkan semua dalam kegiatan apapun  yang selama ini kita jalankan secara manual.

Jaringan yang ada di komputer adalah sistem yang terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer. Ditambah dengan perangkat-perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk bekerja dengan berbagai tujuan yaitu bisa untuk berkomunikasi,  mendapatkan layanan ataupun service antara komputer satu dengan yang lainnya, kemudahan kita untuk mengakses berbagai informasi yang ada di internet, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentang Jaringan Komputer

Fungsi Dan Manfaat
* Manfaat nya adalah kita bisa mempercepat proses berbagi data. Salah satu alat yang digunakan untuk berbagi data yaitu dengan menggunakan perangkat tambahan seperti flashdisk dll nya.

Kita bisa menghemat biaya. Penggunaan jaringan pada komputer bermanfaat untuk menekan biaya untuk kebutuhan perangkat-perangkat yang Anda gunakan saat ini. sumber daya bisa digunakan secara bersamaan. Contoh misalkan kita mempunyai hanya satu buah printer saja, printer tersebut kemudian bisa kita gunakan oleh banyak User atau pengguna dengan komputer yang berbeda-beda. Sehingga Anda hanya cukup menyediakan satu printer untuk banyak komputer.

Tetapi dengan menggunakan jaringan pada komputer, transfer data tentunya akan lebih cepat bahkan bisa menjangkau jarak jauh sekalipun. Hal ini dapat memudahkan kita sebagai pengguna untuk mendapatkan file data yang Anda perlukan.

Informasi Terbaru
* Sudah pasti dengan adanya jaringan di komputer ditambah sistem penyimpanan data yang terdapat pada satu komputer dan dikelola dengan baik pada satu komputer. Sehingga Anda mendapatkan akses dari berbagai tempat yang berbeda, dan bisa membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.

Berbagai Jenis Jaringan
* Komputer sendiri terbagi menjadi berbagai jenis jaringan. untuk perbedaan dari jenis ini terbagi berdasarkan dari tempat, letak geografis, distribusi sumber informasi dan lainnya.

Nah untuk pembagian bisa berdasarkan dari jangkauan geografisnya yaitu meliputi terbagi menjadi tiga yaitu LANMAN dan WAN. Local Area Network atau yang sering disingkatkan dengan dengan nama  LAN. apa itu LAN, LAN adalah jaringan yang hanya meliputi wilayah kecil saja, untuk contohnya adalah seperti warnet, kantor, atau sekolah.

1. Umumnya LAN mempunyai luas areanya tidak lebih dari 1 km persegi. Ini biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan batas kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Dan tidak hanya menggunakan teknologi Ethernet, jaringan ini juga sudah banyak menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi untuk jaringan LAN.

2. Jenis yang ini MAN atau Metropolitan Area Network. Jaringan tersebut bisa mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi.  Jaringan ini merupakan gabungan beberapa LAN. Jangkauan jaringan MAN tersebut kalau tidak salah berkisar antara 10-50 km dan terdiri atas satu atau dua kabel saja. Tetapi bisa ditambahi dengan adanya elemen switching yang difungsikan dengan rancangan menjadi lebih sederhana. 

3. Wide Area Network atau WAN adalah jenis Jaringan ini memiliki jangkauan geografis yang lebih luas dibandingkan dengan LAN, nah untuk contohnya pada sebuah negara bahkan benua. WAN tersebut sering difungsikan sebagai penghubung dua atau lebih jaringan yang bersifat lokal. Anda bisa dikomunikasikan dengan pengguna yang lain walaupun Anda tidak dalam satu wilayah yang sama.

Jaringan Komputer 
Jaringan Komputer juga terbagi dari jenis yang didasarkan pada pendistribusian sumber informasi atau data yang diperoleh. Berdasarkan fungsinya tersebut terbagi menjadi dua jenis yaitu: 
1. Jaringan peer to peer dan 
2. Jaringan komputer klien-server.

* Jenis Jaringan Komputer Peer to Peer adalah ini memungkinkan sebuah komputer dapat berfungsi sebagai server dan sekaligus sebagai klien walaupun ada dalam satu jaringan. Sehingga satu komputer memiliki dua fungsi sekaligus, ini semua tergantung dari kita ingin menggunakan yang mana.

* Jaringan Komputer Client Server. Untuk Jenis ini adalah model untuk jaringan yang salah satu dari komputernya bisa digunakan sebagai Server dengan fungsi untuk melayani komputer lain yang difungsikan sebagai klien. Dan sehingga model jaringan ini komputer server biasanya mempunyai bagian khusus dan hanya memiliki fungsi sebagai penyedia layanan yang dibutuhkan oleh klien.

Tidak hanya hanya itu Jaringan komputer juga dibagi berdasarkan topologinya. Jenis ini terbagi berdasarkan topologi ring, topologi bus, topologi star, topologi tree dan topologi mesh Jenis jaringan ini yaitu merupakan bentuk jaringan dimana memiliki bentuk atau struktur jaringan yang dapat menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya.

1. Topologi Ring
Pada topologi ring setiap komputer akan di hubungkan dengan komputer yang lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk sebuah lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token tujuannya adalah untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia. lainnya.


=> Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring ini adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel LAN yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.

=> Untuk kekurangan paling fatal dari topologi ini yaitu, jika salah satu komputer ataupun kabel nya  ada yang bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan menjadi error.

2. Topologi Bus
Topologi jaringan komputer bus ini sangat tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan hanya satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel yang memakai konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
=> Untuk kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan anda.

=> Kekurangannya dari topologi bus ini yaitu apabila terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, dan sering terjadinya antrian data, jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.

3. Topologi Star
Nah topologi star ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, bila komputer 1 hendak mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sekarang mengingat karena kelebihannya lebih banyak.
=> Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan,  dan mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi.

=> Untuk Kekurangannya topologi jaringan komputer ini yaitu, akan memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu. 

4. Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree ini adalah merupakan sebuah gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star tersebut akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

=> Untuk kelebihan dari topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.

=> Dan untuk kekurangan nya adalah menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga

5. Topologi Mesh
Topologi mesh ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya memakai kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer yang lain lagi ataupun switch atau juga hub.

=> Kelebihanyanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer yang lain.

=> Kekurangan dari topologi mesh ini yaitu, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi pun sangat rumit.

Dan ada juga jenis jaringan komputer yang berdasarkan media transmisinya. Jaringan Komputer ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu 
1. Jaringan yang menggunakan media kabel (wired network) dan
2. Ada yang tidak menggunakan kabel atau juga disebut dengan nirkabel.

# Jenis jaringan pada komputer yang masih memakai kabel ini biasanya menggunakan media kabel tujuannya adalah untuk sebagai media penyampaian data. Jenis ini juga kerap disebut  dengan jenis jaringan menggunakan media transmisi terpadu atau disebut Guided Transmission Media.

Ada beberapa kabel yang dapat Anda gunakan untuk membuat model jaringan yang satu ini bagian diantaranya yaitu kabel Coaxial, kabel TP (STP dan UTP), serta kabel Fiber Optic. Dengan kabel jenis seperti ini maka jaringan akan kuat dan dapat digunakan dengan semaksimal mungkin.

# Untuk penjelsan no 2 yang berdasarkan media kabel penyampaian data adalah jaringan tanpa menggunakan kabel atau juga disebut dengan nirkabel. Jaringan komputer yang seperti ini mengandalkan sistem gelombang untuk media penyampaian data pada komputer tersebut.

Nah ada lagi untuk jenis jaringan nirkabel yang satu ini juga sering disebut dengan jaringan yang menggunakan media transmisi tidak terpadu. Contoh dari jaringan yang menggunakan jenis jaringan ini yang dapat Anda temukan dan juga sering digunakan antara lain Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.

Dari pembagian penjelasan di atas mengenai jaringan ternyata masih ada lagi dari pembagian lainnya yaitu berdasarkan distribusi sumber transmisi datanya. Pembagian ini kemudian masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu:
1. Terpusat Dan 
2. Terdistribusi. 

* Untuk jenis dari jaringan ini merupakan jenis yang terdiri dari komputer klien dan juga server. Selanjutnya salah satu dari komputer yang dimiliki oleh klien menjadi komputer yang berfungsi sebagai perantara sehingga dapat digunakan untuk mengakses komputer yang menjadi sumber informasi di jaringan tersebut.

* Penjelasan yang terakhir yaitu Jenis yang kedua untuk berdasarkan distribusi sumber adalah Jaringan Terdistribusi. untuk jenis jaringan yang satu ini menjadi satu jenis perpaduan antara beberapa jenis jaringan yang terpusat sehingga pada satu jaringan memiliki beberapa komputer server dengan saling berhubungan antara klien sehingga membentuk sistem dengan jaringan tertentu.


Mungkin sampai disini saja penjelasan singkat saya pada siang ini, semoga apa yang telah di sampai kan di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kita, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan jangan sampai kelewatan update panduan terbaru dari mizipediacom


Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.

Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>

+ Follow
Join on this site

with Google Friend Connect