Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger + Pengertian kelebihan dan Kekurangannya




Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger + Pengertian kelebihan dan Kekurangannya
Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger + Pengertian kelebihan dan Kekurangannya: Dipostingan sebelumnya saya sudah pernah membahas Cara Membuat Show  Facebook  Hide Dan Defer JS, dan saya rasa tidak ada salahnya bukan untuk mencoba memasang komentar dari Disqus ini. Tahukah anda ada banyak keunggulan juga dengan  kita menggunakan komentar Disqus. Tapi pada postingan ini saya akan menjelaskan dulu pengertian dari disqus, kelebihan dan kekurangannya. karena pastinya jika anda yang baru saja terjun kedunia blogger pasti tentu masih asing dengan kata-kata disqus. Tidak perlu panjang lebar lagi simak saja penjelasan berikut ini.

Pengertian Disqus

Disqus dari bahasa inggrisnya Discuss yaitu sebuah layanan komentar di dunia maya yang bisa kita gunakan dalam berbagai situs populer, seperti blog WordPress, Blogspot, Tumblr bahkan juga website besar seperti CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Dan Disqus juga dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis CMS seperti Joomla, Drupal, Squares pace, Yola Site, Doku Wiki dan Chimp. 

Disqus juga dapat menjadi sebuah solusi alternatif layanan komentar dari sistem komentar bawaan blogger itu sendiri karena lewat Disqus dapat memfasilitasi komentar-komentar yang ada dari pengguna blog secara lebih baik pastinya. Dan Disqus juga dapat langsung dihubungkan dengan berbagai situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus dan masih banyak lain lagi nya. Dengan menghubungkan Disqus dan akun sosial media maka komentar yang ditampilkan di Disqus akan secara otomatis muncul di akun jejaring sosial si pengguna tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Disqus

Mungkin bagi anda yang sudah lama memakai komentar disqus di blog milik anda, pasti sudah tau kelebihan dan kekurannganya. Nah jika kita lihat dari manfaat yang saya dapatkan setelah menggunakan komentar Disqus mempunyai banyak kelebihannya dari pada kekurangannya, untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan dari komentar Disqus tersebut, yuk simk penjelasan di bawah ini.

# Kelebihan  komentar Disqus
* Memiliki Tampilan yang Bagus
Tampilan juga dapat mempengaruhi pengunjung untuk betah dan ingin berkomentar di halaman website Anda, seperti tampilan komentar Disqus yang sangat simpel dan menarik dan disukai banyak pembaca.


* Sistem Keamanan yang Bagus

Disqus mempunyai cara tersendiri dalam mendeteksi serangan spam dan juga ada dukungan komunitas untuk menandai tanggapan-tanggapan yang tidak sesuai dengan tata krama, So tentunya Anda jangan khawatir akan sistem keamanan yang dimiliki Disqus, selain itu Disqus tidak memerlukan CAPTCHA yang akan mempersulit seseorang untuk berkomentar.

* Terhubung dengan Berbagai Jaringan Sosial Media
Pada saat anda memakai komentar Disqus dapat menggunakan berbagai akun sosial media kalian untuk berkomentar, seperti Facebook, Twitter, Google Plus tanpa repot-repot mendaftar, atau jika Anda sudah punya akun Disqus maka juga bisa langsung bisa dihubungkan.

* Dapat Import Komentar
Nah ini juga menurut saya merupakan kelebihan yang sangat diinginkan bagi para blogger, karena Disqus dapat mengimport dari komentar lain seperti komentar WordPress, Blogspot, Moveable Type dan platform lain yang menggunakan format data WXR XML. Tentunya si pemilik blogger tidak ingin menggantikan sistem komentar bawaanya ke sistem eksternal karena akan menyebabkan hilangnya komentar lama, namun setelah kita memakai Disqus semua komentar lama dapat ditampilkan kembali di blog anda.

* Mendukung HTML
Disqus juga mendukung penanda HTML seperti code, pre, a, sup, strong, em dan masih banyak lainnya.


* Komentar Realtime


Jika kita menggunakan Disqus, maka komentar kita akan langsung muncul tanpa muat ulang halaman website, begitu juga jika ada pengunjung lain yang berkomentar maka akan langsung muncul sebuah notifikasi untuk membuat komentar terbaru tanpa muat ulang halaman, tidak sama jika Anda menggunakan komentar Blogspot atau WordPress yang butuh untuk memuat ulang halaman.

Nah bagaimana anda sudah mengetahui bukan kelebihan dari Disqus penjelasan di atas, tentunya pasti kita juga ingin mengetahui apa saja kekurannya dari komentar Disqus tersebut.

# Kelemahan komentar Disqus

1. Website atau Blog akan Sedikit Lambat
Saya pernah melihat ada beberapa pengguna disqus yang mengeluh karena mengalami lambat blognya atau loadingnya kelamaan pada saat di akses website atau blog si pengguna tersebut. Sehingga ia terpaksa me-nonaktifkan Disqus di blog miliknya tersebut agar bisa digunakan seperti biasa kembali. Menurut saya ini wajar saja terjadi, karena dengan fasilitas bagus yang dimiliki Disqus dan juga menurut saya tidak terlalu membuat website atau blog saya menjadi lambat. 
Perlu di ingat blog yang lambat bisa jadi banyaknya kode-kode di dalam Kolom HTML yang tidak berguna anda pasang, atau banyaknya widget-widget dan aksessories lainnya di blog anda sehingga pada saat di akses memakan waktu yang lama, jadi harus teliti dulu mengapa blog anda loadingnya kelamaan.
2. Tidak dapat Menggunakan Emoticon

Dan Sekarang pun Disqus masih belum  juga mendukung fitur emoticon dan semoga untuk ke depannya dapat diimplementasikan oleh pihak Disqus dengan menambahkan sebuah emoticon dalam komentar. 

Dari penjelasan di atas yang sudah saya jelaskan dengan sedetail mungkin mengenai pengertian dari Disqus, Kelebihan Disqus dan Kekurangan Disqus tersebut. Jadi anda bisa pikir-pikir untuk menggunakan komentar disqus. Jika anda ingin menggunakan Diskus di blog anda bisa anda simak cara memasang komentar Dsiqus di bawah ini, bila anda tidak ingin memasang Disqus tersebut di website atau blog anda, maka bia anda abaikan saja artikel ini.

Memasang Komentar Disqus

1. Pertama anda klik dlu atau ada masuk pada web Disqus 
2. Kemudian anda pilih saja GET STARTED
3. Kemudian anda akan di bawa kehalaman registrasi Disqus
4. Jika sudah anda menemukan halaman seperti di atas, maka bisa anda pilih cara daftar pada disqus menggunakan facebook, twitter atau juga google, jika anda tidak mempunyai ketiga akun mediasosial seperti gambar di atas maka anda isikan saja kolom yang di butuhkan dan jangan lupa anda klik centang kedua komom tersebut. 
5. Kemudian langsung saja anda klik Singup. 
6. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini, maka bisa anda pilih I want to install disqus on my site
7. Pada tampilan 'Create a new site', anda isikan kolom 'Website Name dengan Domain blog anda. Pada kolom Category, pilihlah yang sesuai dengan konten blog Anda, kemudian jika sudah anda pilih dan langsung saja anda klik Created Site
8. Jika sudah anda mengklik Created Site seperti di atas makan akan muncul halaman seperti tampilannya di bawah ini. maka anda klik no 2. install Disqus lihat gambar di bawah ini.
9. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini, nah pada langkah ini Anda akan dihadapkan pada pilihan, akan ditaruh dimana kolom komentar Disqus. Karena pada tutorial ini kita akan terapkan di blogger, langsung saja klik 'Blogger'
10. Pada langkah ini, untuk memasang Disqus sebagai kolom komentar sudah hampir selesai. Klik saja nomor 1 'Add to my blogger site'
11. Nah jika anda sudah klik Configurasi seperti di atas, maka akan muncul tampilan halaman seperti di bawah ini Configure Disqus Anda isikan  kolom website name, website url dan lainnya sesuai keinginan anda. Dan jika sudah anda klik Complete setup sebelah kanan bawah.
12. Anda klik saja Configure your site's community settings 
13. Nah nanti akan muncul halaman seperti di bawah ini, bisa anda isikan kolom tersebut semuanya, jika sudah anda centang Flag my site as adult oriented or NSFW klik save.

14. Selanjutnya anda klik Install lihat di sebelah kiri atas dan langsung saja anda klik. Nanti akan muncul halaman seperti di bawah ini lalu anda bisa memilih ditaruh dimana kolom komentar Disqus. Disini saya menggunakan Blogger.

15.  Kini pilih perintah nomor 2. Klik 'Discussion > Import'

16. Untuk langkah terakhir anda klik saja menambahkan widget
17. Lihat gambar berikut. Klik 'Impor Comments From Blogger' lalu pada jendela selanjutnya klik 'Grant Access' dan klik lagi 'Import' di jendela selanjutnya. Secara otomatis, semua komentar lama akan tampil di kolom Disqus.
18. Kembali ke blog Anda, anda bisa refrest blog anda dan klik salah satu postingan. Lihat contoh dibawah ini, kolom komentar Anda pasti sudah berubah.
Bagaimana cara membuat nya mudah bukan. tentu jika kita mengikuti langkah- langkah seperti di atas saya rasa tidak sulit.

Demikian penjelasan pada malam ini selamat mencoba dan semoga berhasil buat anda.

Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.



Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>


Join on this site

with Google Friend Connect