Bagaimana Cara Membuka Kunci Bootloader dan Melakukan Root pada Google Pixel 3 dengan Magisk




Bagaimana Cara Membuka Kunci Bootloader dan Melakukan Root pada Google Pixel 3 dengan Magisk

Seperti seri Google Nexus, smartphone Google Pixel adalah salah satu perangkat termudah untuk membuka kunci bootloader, root, dan menginstal ROM dan kernel khusus. The 2018 Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL tidak akan berbeda. Bahkan, itu sudah mungkin untuk membasmi Pixel 3 dan Pixel 3 XL berkat pembaruan terbaru dari alat tanpa sistem-root yang populer yang disebut Magisk . Dia telah merilis versi 17.3 dari Magisk dan Anda dapat membaca tentang catatan rilis di siniMembuka kunci bootloader dari seri Pixel 3 membutuhkan waktu beberapa detik, dan membuat perangkat Anda aktif dan berjalan dengan Magisk membutuhkan waktu beberapa menit. Jika Anda pernah membuka kunci bootloader dan mengakar perangkat Google Nexus, Google Pixel, atau OnePlus, Anda tidak akan mengalami masalah saat membuka kunci Pixel 3 dan menginstal Magisk. Bagi Anda yang membutuhkan penyegaran, inilah tutorial untuk memandu Anda melalui proses.

Bagian 1 - Buka kunci Bootloader Google Pixel 3

Catatan: Membuka kunci bootloader akan menghapus semua data dari perangkat Anda. Ini termasuk semua media yang disimpan ke penyimpanan internal perangkat seperti gambar, video, musik, dokumen, dll. Cadangkan semua file penting ke PC atau penyimpanan cloud Anda sebelum melanjutkan.
  1. Buka aplikasi Pengaturan .
  2. Pergi ke Sistem .
  3. Ketuk Tentang ponsel .
  4. Gulir ke bawah dan ketuk pada Build number 7 kali hingga mengatakan bahwa Anda sekarang adalah pengembang.
  5. Kembali satu halaman dan di dekat bagian bawah daftar, Anda akan melihat " Opsi pengembang ."
  6. Tanpa menggulir ke bawah, Anda akan melihat opsi OEM unlocking ". Aktifkan. Untuk tujuan keamanan, Anda mungkin diminta untuk memasukkan PIN / kata sandi kunci layar jika Anda memiliki satu set.
  7. Gulir ke bawah sedikit hingga Anda melihat " USB debugging ." Aktifkan.
  8. Colokkan Pixel 3 Anda ke PC Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ADB dan Fastboot pada PC Anda. Jika Anda hanya memiliki akses ke Chromebook , Anda dapat mengikuti panduan ini untuk menyiapkan ADB dan Fastboot di Chrome OS .
  9. Pastikan PC Anda mengenali Pixel 3 Anda dengan membuka prompt perintah / Power Shell / Terminal di direktori yang sama tempat Anda menyimpan binari ADB dan Fastboot dan memasukkan perintah berikut tergantung pada OS Anda: 
    Windows Command Prompt:
    adb devices
    Windows Power Shell:
    .\adb devices
    Terminal macOS / Linux:
    ./adb devices
    (Untuk sisa dari tutorial ini, silakan gunakan awalan perintah yang sama tergantung pada OS Anda.) 
    Jika Anda melihat nomor seri perangkat Anda dan ia mengatakan "resmi," maka Anda baik untuk pergi. Jika ini adalah pertama kalinya Anda mengatur ADB untuk perangkat ini, maka Anda mungkin melihat prompt di ponsel Anda untuk mengaktifkan USB Debugging untuk PC Anda. Berikan izin. Jika Anda kesulitan mendapatkan PC Windows untuk mengenali perangkat Anda, cobalah menginstal Driver USB Google terbaru .
  10. Sekarang, reboot ke menu bootloader . Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol daya dan volume ketika sedang boot, atau dengan memasukkan perintah ADB berikut:
    adb reboot bootloader
  11. Setelah Anda berada di menu bootloader, Anda sekarang harus beralih menggunakan perintah fastboot untuk berkomunikasi dengan perangkat Anda. Untuk membuka kunci bootloader Pixel 3 , masukkan perintah berikut:
    fastboot flashing unlock
  12. Anda seharusnya sekarang melihat teks di layar memperingatkan Anda tentang potensi risiko membuka bootloader. Pada layar di samping tombol daya dan volume, Anda akan melihat beberapa teks. Tekan tombol volume naik hingga tertulis "buka bootloader." Setelah mengatakan ini, tekan tombol daya .
  13. Ponsel akan membuka kunci bootloader dan reboot kembali ke menu bootloader. Kali ini, bootloader akan menampilkan ikon peringatan merah dan teks "tidak terkunci".
  14. Sekarang, reboot ponsel Anda kembali ke Android 9 Pie OS. Anda dapat melakukan ini dengan mengirimkan perintah fastboot berikut:
    fastboot reboot
  15. Selamat, Google Pixel 3 Anda atau Google Pixel 3 XL sekarang memiliki bootloader yang tidak terkunci! Anda akan melihat pesan peringatan bahwa bootloader ponsel Anda tidak terkunci pada setiap boot, tetapi jangan khawatir tentang itu karena tidak mempengaruhi penggunaan sehari-hari Anda.

Bagian 2 - Rooting Google Pixel 3 dengan Magisk

Catatan: Instruksi berikut ditulis sebelum rilis pemulihan kustom seperti TWRP Dengan demikian, satu-satunya cara untuk menginstal Magisk adalah dengan mem-flash image boot yang ditambal dari bootloader. Dengan demikian, gambar booting stok yang saya sediakan akan kedaluwarsa ketika rilis perangkat lunak berikutnya tersedia dengan gambar boot yang diperbarui. Saya akan memperbarui instruksi ini setelah TWRP tersedia sehingga instruksinya adalah membangun nomor-agnostik.
Dengan bootloader yang tidak terkunci, Anda sekarang dapat mem-boot gambar boot yang dimodifikasi. Agar Magisk dapat berfungsi, Anda harus menambal gambar booting Pixel 3. Untungnya, aplikasi Magisk Manager dapat mengurusnya untuk Anda. Kami menguji ini di topjohnwu dan Google Pixel 3 XL saya sendiri, dan di Google Pixel 3 Dees_Troy dan dapat mengkonfirmasi bahwa Magisk bekerja di kedua perangkat .
  1. Karena perangkat Anda telah dihapus, Anda harus kembali dan mengaktifkan kembali Opsi Pengembang lalu mengaktifkan kembali USB Debugging . Pastikan Pixel 3 Anda masih dikenali oleh PC Anda.
  2. Unduh gambar booting saham untuk Google Pixel 3 atau Google Pixel 3 XL. Harap perhatikan perangkat mana yang Anda gunakan dan jumlah build gambar boot sesuai dengan apa yang Anda jalankan . Anda dapat memeriksa nomor build Anda saat ini dengan membuka Pengaturan -> Sistem -> Tentang Telepon dan menggulir ke bawah hingga Anda melihat bidang Nomor build. Catat nilai itu.
    1. Unduh Google Pixel 3 ("blueline") stock boot image untuk membangun nomor  PD1A.180720.030 .
    2. Unduh Google Pixel 3 XL ("crosshatch") stock boot image untuk membangun nomor  PD1A.180720.030 .
  3. Pindahkan gambar booting stok ke folder di penyimpanan internal perangkat Anda Folder unduhan baik-baik saja.
  4. Instal APK beta Magisk Manager terbaru dari sini . Buka Magisk Manager dan masuk ke pengaturan. Ubah saluran pembaruan ke "beta." Ini mungkin tidak diperlukan, tetapi beberapa pengguna mengalami masalah jika mereka tidak melakukan hal ini.
  5. Ketuk " Pasang ."
  6. Ketuk " Pasang " lagi, meskipun Anda tidak akan menginstal file zip yang ditampilkannya.
  7. Ketuk " Tambalan File Gambar Boot ."
  8. Pilih file gambar booting stok yang Anda simpan sebelumnya.
  9. Anda akan melihat banyak teks di layar menunjukkan kepada Anda kemajuan Magisk Manager menambal gambar booting saham. Setelah selesai, tekan tutup. Magisk Manager harus menyimpan file sebagai " patched_boot.img " ke direktori Unduh jadi biarkan seperti itu.
    Google Pixel 3 Root dan Instal Magisk
    Google Pixel 3 Root dan Instal Magisk
  10. Pindahkan file patched_boot.img dari perangkat Anda ke PC Anda . Untuk mempermudah, pindahkan file ke direktori yang sama tempat biner ADB dan Fastboot Anda berada.
  11. Reboot ke menu bootloader lagi.
  12. Opsional: Jika Anda ingin melewati tes boot, lanjutkan ke langkah 14. ) Pada bootloader, masukkan perintah fastboot berikut untuk sementara mem -boot gambar boot Magisk yang ditambal:
    fastboot boot patched_boot.img
  13. Setelah beberapa detik, telepon Anda harus keluar dari menu bootloader dan reboot ke OS Android Pie. Jika berhasil, Anda harus dapat membuka Magisk Manager dan melihat versi Magisk apa yang diinstal. Dua tanda centang hijau di bagian atas adalah pertanda baik bahwa Anda berada di jalan yang benar. Sekarang kita perlu menginstal Magisk sehingga kita tidak perlu menjalankan perintah fastboot ini sebelum setiap boot!
  14. Mari kita flash gambar boot Magisk yang ditambal ke partisi boot. Masukkan perintah berikut di layar bootloader:
    fastboot flash boot patched_boot.imgGoogle Pixel 3 menginstal Magisk
  15. Opsional)  Karena Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL mendukung partisi A / B, Anda juga dapat mem-flash gambar boot yang ditambal ke slot yang tidak aktif. Cukup ganti "boot" pada perintah di atas dengan "boot_a" atau "boot_b", yang merupakan kebalikan dari slot yang sebelumnya di-flash ke dalam langkah 14.
  16. Reboot kembali ke Android Pie OS dan periksa status root Anda dengan membuka Magisk Manager.

Bagian 3 - Apa yang harus saya lakukan sekarang?

Apa saja hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan Pixel 3 atau Pixel 3 XL setelah melakukan rooting dengan Magisk? Berikut adalah daftar singkat yang saya dapatkan dari bagian atas kepala saya:
  • Instal Active Edge Mod untuk sepenuhnya menyesuaikan gerakan menekan pada Pixel 3. (Catatan: ini belum diperbarui untuk mendukung Pixel 3, tetapi pengembang sedang mengerjakannya!)
  • Instal tema khusus untuk aplikasi sistem atau aplikasi pihak ketiga melalui mesin tema Substratum . Demikian pula, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Pluvius untuk secara dinamis menetapkan tema sistem Anda berdasarkan wallpaper saat ini.
  • Membuat backup aplikasi lengkap menggunakan Titanium Backup.
  • Aktifkan kembali perekaman panggilan sejak Android Pie mengambilnya untuk pengguna yang tidak di-root.
  • Melewatkan emoji gumpalan dari Android Nougat ? Anda bisa mendapatkannya kembali dengan Modul Blobmoji Magisk.
  • Ada banyak mod audio di modul Magisk Repo. Periksa mereka untuk pengalaman pemutaran musik yang lebih baik!
  • Suka aplikasi keyboard Gboard saham? Lihat tema Gboard ini .
  • Penggemar berat aplikasi dan layanan Google? Dengan root, Anda dapat mengaktifkan banyak fitur dalam pengembangan sebelum diluncurkan untuk masyarakat umum. Lihat tutorial kami untuk banyak contoh.
  • Bukan penggemar Peluncur Piksel Google? Anda dapat menggunakan peluncur pihak ketiga seperti Lawnchair tetapi dengan root, Anda dapat mengintegrasikannya ke dalam ikhtisar aplikasi terbaru dan navigasi gerakan.
  • Sesuaikan media sistem default , font, animasi boot , dan lainnya untuk menambahkan sedikit rasa ke perangkat lunak Anda.
  • Dapatkan YouTube Vanced — versi yang ditingkatkan dari aplikasi YouTube untuk Android.
  • Aplikasi yang  kami buat ini memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat kejenuhan tampilan  jika Anda menyukai warna punchier.
Anda mungkin pernah mendengar bahwa membuka kunci bootloader dan me-rooting perangkat Anda dengan Magisk berarti Anda tidak akan dapat memainkan game tertentu seperti Pok├ęmon Go dan Fate / Grand Orderatau menggunakan aplikasi perbankan. Namun, ada fitur seperti MagiskHide yang dapat menyembunyikan fakta bahwa perangkat Anda telah dimodifikasi sehingga Anda dapat terus menggunakan aplikasi dan game favorit Anda! Membuka kunci bootloader  akan berdampak pada cara Anda melakukan pembaruan. Anda harus mempelajari cara memperbarui pembaruan patch keamanan bulanan  yang sebenarnya cukup mudah dilakukan.
Terakhir, jika Anda ingin lebih mengontrol perangkat Anda, Anda dapat mem-flash ROM dan kernel kustom pada Pixel 3 Anda setelah mereka tersedia untuk dua perangkat. ROM kustom dapat menawarkan banyak opsi yang tidak tersedia pada perangkat lunak stok. Kernel custom memungkinkan Anda menyesuaikan kinerja perangkat Anda untuk menekan lebih banyak masa pakai baterai atau mendapatkan lebih banyak frame di game favorit Anda. Karena Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL baru saja dirilis , tidak ada ROM atau kernel khusus yang tersedia untuk perangkat tersebut. Namun, pantau terus di forum XDA untuk kedua perangkat jika Anda tertarik dengan adegan pengembangan khusus.
Akhirnya, karena Pixel 3 dan Pixel 3 XL mendukung partisi A / B ganda untuk pembaruan yang mulus , Anda harus membaca tentang bagaimana dampak modding jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan perangkat A / B.

Share Google URL Shortener: Get Short URLloading short url

Bila Anda merasa memang artikel-artikel di blog ini bisa bermanfaat, maka Anda bisa membantu memberikan donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain mizipedia.com - Terima kasih.



Comment Policy Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Peraturan Berkomentar di mizipediacom
1. Berkomentarlah dengan Relevan dan Sopan
2. Jangan Spam
3. Tidak Porn dan Sara
4. Berkomentar dengan link tanpa relevan maka akan otomatis terhapus
5. Semua komentar pasti akan saya baca dan dibalas. Show Emoticon. Klik ==>


Join on this site

with Google Friend Connect