Ajak Si Buah Hati Sahur Untuk Berpuasa, Gunakan Cara Ini Ajak Si Buah Hati Sahur Untuk Berpuasa, Gunakan Cara Ini - mizipediacom mizipediacom: Ajak Si Buah Hati Sahur Untuk Berpuasa, Gunakan Cara Ini

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Ajak Si Buah Hati Sahur Untuk Berpuasa, Gunakan Cara Ini

Tuesday, May 21, 2019



Tentunya Saat berpuasa, Si anak pasti akan mengalami beberapa tantangan. Salah satunya adalah perubahan jadwal makan yang disesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka.
Dan hal ini pun pastinya akan menjadinya tantangan bagi Ibu untuk membuat Si Buah Hati semangat untuk berpuasa. Selain itu Ibu juga pasti mengalami tantangan lainnya seperti membangunkan Si Buah Hati untuk sahur.

Nah di awal puasa, mungkin Si Buah Hati akan kaget karena tidak terbiasa bangun sepagi itu dan susah di bangunkan. Namun Ibu bisa menerapkan beberapa tips berikut agar Si Buah Hati semangat bangun untuk sahur.

# Ajak Si Buah Hati Tidur Lebih Awal

Ibu, biasanya Si Buah Hati akan susah bangun untuk sahur jika ia tidur terlalu larut pada malam hari. Karena itu, Ibu lebih baik mengajaknya tidur lebih awal agar si anak bisa lebih mudah dibangunkan saat sahur. Si Buah Hati mungkin kadang susah untuk disuruh tidur lebih awal, tapi Ibu perlu bersikap tegas padanya dan jelaskan bahwa ia perlu tidur lebih awal agar bisa bangun untuk sahur.

# Jelaskan Tentang Puasa

Jika ini adalah pertama kalinya Si Anak berpuasa, Ibu lebih baik mempersiapkan ia untuk berpuasa dari jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Salah satunya adalah dengan menjelaskan pada Si Buah Hati jam berapa ia harus bangun untuk bangun makan sahur.

Kemudian si Ibu jelaskan juga bahwa setelah itu ia sudah tidak boleh lagi makan dan minum sampai waktu berbuka tiba. Ibu juga bisa memberitahu hal ini berulang kali pada Si Buah Hati sampai ia paham dan siap menjalani puasa. 

# Pasang Alarm Bersama

Sebelum tidur, Ibu juga bisa mengajak Si Buah Hati untuk mengatur sendiri jam berapa ia akan bangun waktu sahur dengan bersama-sama memasang alarm. Namun pastikan ia tidak memasang alarm melewati waktu sahur. Nanti saat Ibu membangunkannya, Ibu bisa bilang pada Si Buah Hati  bahwa itulah jam yang sudah ia tentukan sendiri dan ia harus bangun.

# Bangunkan Si Buah Hati dengan Lembut

Pada saat sahur, bangunkan Si Buah Hati dengan lembut ya, Ibu. Dan Ibu bisa mengusap kepalanya atau menepuk-nepuk punggungnya sambil mengajaknya bangun. Kalau Si Buah Hati tidak mau bangun juga, hindari membangunkannya dengan paksa karena bisa membuat mood Si Buah Hati menjadi turun dan ia akan semakin sulit lagi diajak sahur.


# Beri Si Buah Hati Reward
Nah salah satu cara agar Si Buah Hati lebih termotivasi menjalankan puasa, termasuk sahur adalah dengan memberikan reward, Bun. Berikan hadiah berupa mainan yang paling ia suka atau janji kan kepada si anak bahwa Ibu akan mengajak ia jalan-jalan agar Si Buah Hati makin semangat untuk menjalankan puasanya dengan maksimal. Namun Bu, reward ini tentu saja baru bisa ia dapatkan kalau ia bisa rutin menjalani puasa, salat, tarawih, hingga melaksanakan sahur.

Gimana Bu, Mudah kan? Coba terapkan tips tadi agar Si Buah Hati selalu semangat bangun untuk sahur. Tapi selain membangunkannya, pastikan Ibu juga sudah menyiapkan menu sahur yang ia sukai dan mengandung banyak nutrisi. Sebab kalau nutrisi Si Buah Hati terpenuhi, ia bisa menjalankan puasa dengan lancar dan bisa beraktivitas di sekolah dengan penuh semangat meskipun ia berpuasa.

Agar kebutuhan nutrisi harian Si Buah Hati selama berpuasa selalu terpenuhi, bantu lengkapi dengan menyiapkan segelas DANCOW FortiGro saat sahur dan sebelum tidur. Dengan begitu, Si Buah Hati akan tetap semangat dan tidak lemas selama berpuasa dan tetap fokus belajar di sekolah!

Semoga apa yang telah di sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk ibu ibu khususnya.
Lihat Juga