Cara Agar Cepat Bisa Panen Ikan Gurame Cara Agar Cepat Bisa Panen Ikan Gurame - mizipediacom mizipediacom: Cara Agar Cepat Bisa Panen Ikan Gurame

Iklan Semua Halaman

Cara Agar Cepat Bisa Panen Ikan Gurame

Sunday, 26 May 2019



Tau Kah Anda Ikan Gurame adalah salah satu jenis ikan yang memiliki prospek cerah jika dibudidayakan dengan baik. Dan semakin lama di ternak maka gurame akan semakin mahal harganya. Dan ikan gurame saat ini banyak diminati khususnya oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai daging yang tebal dan lezat serta memiliki duri yang sedikit dan yang luar biasa adalah tidak mengandung kolestrol jadi makanya tidak salah dari kondektur sampai direktur menyukai ikan gurame. Dan termasuk saya juga suka makan ikan gurame ini.  

Sekarang ini banyak yang memberi tips, cara dll nya agar budidaya ikan gurame mudah di lakukan  mau tau caranya: 

1. budidaya ikan gurame di kolam terpal
2. budidaya ikan gurame di kolam tembok
3. budidaya ikan gurame di kolam tanah dan
4. budidaya gurame dibioflok dan lain-lain.

Ikan gurame adalah ikan herbifora, karena hanya memakan tumbuhan makanya ikan ini lebih menyehatkan tapi perkembangannya juga lambat membutuhkan waktu dalam 3 bulan atau lebih, anda bisa lihat video ikan gurame yang sudah saya sediakan di bawah artikel ini, itu umurnya dalam 3 bulan sudah besar dan sudah di panen sebagian.

Nah ada juga untuk pembudidayaan ikan gurame membutuhkan waktu yang lama sampai lebih dari 1 tahun, ini juga yang  menyebabkan harga ikan gurame di pasaran menjadi mahal. Dan umumnya di daerah gunung ikan gurame itu diberi makanan tumbuh-tumbuhan saja makanya produksi pembesaran ikan guramenya kalah dengan daerah pesisir seperti Indramayu dan Cirebon.

Apa saja yang membuat ikan gurame itu cepat besar dan cepat di panen ?

hal yang pertama mesti kita harus perhatikan agar bisa membuat ikan gurame peliharaan kita  cepat tumbuh besar adalah lokasi pembuatan kolam. Kolam ikan gurame yang bagus dan baik yaitu kolam yang mendapatkan sinar matahari langsung yang cukup. Jadi kolam yang bagus adalah kolam yang langsung terkena paparan sinar matahari. Ini dikarenakan ikan gurame mempunyai habitat asli di tempat berdataran rendah yang mana suhunya sekitar 25 hingga 28 derajat celcius.

Jadi pilihlah  lokasi kolam di dataran rendah lebih diutamakan daripada memilih lokasi kolam di dataran tinggi. Dan setelah diteliti lebih mendalam, ternyata ikan gurame akan cepat tumbuh besar di tempat yang memiliki ketinggian maksimal 800 meter di atas permukaan laut.

Memilih benih ikan gurame yang sehat

Hal ini yang paling penting adalah  memilih benih ikan gurame yang sehat. Yang mana bisa dikategorikan sehat adalah ikan gurame yang memiliki berat sekitar 100 gram atau berumur lebih dari setahun.

Ada seorang pembudidaya ikan gurame dia bercerita masih baru terjun kedunia pembudidaya ikan namun ia sangat tergiur dengan harga bibit gurame yang sangat murah sampai memborong semuanya dan menggunakan tabungan anak-anaknya tidak tahunya ikan gurame yang dibelinya itu pada mati.

Ya karena dia tidak tahu kalau benih yang dia beli itu ternyata gurame yang sedang terkana penyakit. Ini khususnya anda yang sudah membaca artikel ini tentu akan tau untuk memilih ikan gurami yang sehat untuk di jadikan budidaya ternak ikan dan semoga anda tidak buru-buru untuk membeli benih ikannya kecuali benih ikan guramenya tersebut  sehat bebas dari penyakit.

Dan ada juga cerita ikan guramenya lahap makannya banyak, tapi ko tidak besar-besar juga ternyata itu benihnya berusia lebih dari setahun karena tetap saja kecil karena dulunya kekurangan makan sewaktu dipenjual benihnya.

Ya dalam dunia perikanan jelas benih itu adalah yang sangat penting, karena benih yang sehat, bagus dan baik adalah mendukung 80% usaha budidaya kita.

Dengan mengikuti cara tersebut, Anda akan lebih cepat memanen ikan gurame yang mana biasanya akan siap jual atau panen ketika ikan gurame sudah memiliki berat sekitar 500 gram. Kalau saya pribadi target itu seekor gurame berat minimal dlam 700 gram.  Biar pembeli senang karena ikannya besar-besar dan bisa dinikmati bareng-bareng apa lagi jika di panggang, wihhhhhh asyik banget tentunya.

Selanjutnya anda bisa cari benih ikan gurame tersebut di tempat yang tidak jauh dengan lokasi kita membudidayakannya. Mengapa demikian, karena hal tersebut yaitu bertujuan agar benih ikan gurame yang kita beli bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya nanti.

Karena bila tempat kita membeli benih terlalu jauh dari tempat budidaya ikan gurame kita, dikhawatirkan bisa mengalami kesulitan dalam beradaptasi di kolam baru karena keadaan airnya itu tidak sama. Dan ini bisa menyebabkan ikan gurame kita mengalami stress dan ujungnya ikan guramenya mengalami kematian.

Mengeringkan Kolam Sebelum Memasukkan Benih Ikan Gurame

Nah cara selanjutnya adalah melakukan pengeringan kolam sebelum memasukkan benih gurame baru. Hal ini dilakukan agar benih ikan gurame Anda bisa terhindar dari serangan berbagai macam penyakit ikan gurame seperti jamur dan lain-lain.

Lakukanlah pengeringan kolam selama 10-14 hari dan berilah kapur pertanian sebanyak kurang lebih 200 gram per meter persegi. Selain itu, rendamlah semua peralatan yang Anda pakai untuk budidaya ikan gurame Anda ke dalam larutan kaporit kurang lebih setengah jam kemudian keringkan.

Bila Anda menemukan ikan gurame yang terserang penyakit, segera pisahkan dan rendamlah dalam larutan garam dapur sekitar 20 miligram per liter air selama satu jam. Hal ini bertujuan agar ikan yang lain tidak terjangkit penyakit.


Memberikan Pakan Yang Banyak Mengandung Protein Nabati Dan Protein Hewani

Pakan yang bagus untuk ikan gurame adalah pakan yang mengandung banyak protein baik protein nabati maupun protein hewani. Jadi oleh karena itu Anda sangat dianjurkan untuk memberi ikan gurame Anda dengan pakan yang sudah memiliki kandungan dua protein tersebut.

Protein hewani merupakan kandungan protein yang bisa membuat ikan gurame Anda cepat tumbuh besar. Hal itu disebabkan ikan gurame membutuhkan setidaknya 25% protein hewani agar bisa cepat berkembang besar.

Sedangkan untuk protein nabati, Anda bisa memberikan makanan seperti daun kangkung, daun singkong, daun talas dan selada air kepada ikan gurame Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan enzim komplek sekitar 2% dari pakan pabrik.

Dan dalam pemberian pakan ini harus cukup jangan sampai berlebihan pula dan perhatikan juga jangan sampai tercecer di kolam karena ini akan membuat masalah pada keadaan kolam kepenuhan amoniak dan akan membuat ikan-ikan gurame kita mudah terkena penyakit.

Terkadang hal tersebut penyebab gagalnya panen yang mulus. Dan pemberian pakan yang berlebihan ini umumnya dilakukan oleh pembudidaya ikan yang masih pemula, karena ingin cepat panen dan diberi pakan dengan kandungan protein diatas 25% secara berlebihan, bukannya malah untung, namun sebaliknya akan mengalami kerugian.

Dan jangan lupa gunakan teknologi probiotik , probiotik mempunyai peran penting dalam meningkatkan keberhasilan budidaya ikan. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, probiotik memberikan manfaat kesehatan bagi ikan. 

Probiotik juga mampu menjaga keseimbangan mikroba dan pengendalian patogen dalam saluran pencernaan. Mikroorganisme yang terkandung di dalam probiotik akan 'berperang' dengan patogen di dalam saluran pencernaan.

Hal tersebut untuk mencegah agar patogen tidak mengambil nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan ikan. dan salah satu probiotik yang bagus adalah probiotik asli dari Cirebon yaitu probiotik Biogan.

Probiotik Biogan tidak seperti probiotik yang lain, meski harganya lumayan lebih mahal dari yang lain tapi fungsinya yang luar biasa dan keefktifannya ini yang tanpa harus menggunakan tetes tebu dan gula pasir maupun gula merah dalam aplikasinya dan tidak ada efek samping justru semakin banyak maka semakin baik. Tapi apapun probiotik kita, ya gunakanlah probiotik dan silahkan uji sendiri hasilnya bagus atau tidak.

Manfaat penggunaan probitotik dalam budidaya perairan adalah memperbaiki kualitas air dan dasar kolam, sehingga meminimalkan stres dan meningkatkan kesehatan ikan.

Probiotik juga bisa membersihkan air buangan dari kolam sehingga dampak bagi lingkungan rendah. Bakteri yang merugikan dan virus, juga terkontrol dan seluruh mikroorganisme di dalam ekosistem perairan dapat diatur.

Probiotik juga mampu meningkatkan sistem kekebalan dan memperbaiki saluran pencernaan. Sehingga bisa menekan terjadinya penyakit yang diakibatkan oleh asimilasi makanan pada ikan.

Probiotik dapat Peningkatan produksi ikan, karena probiotik dapat memperbaiki kualitas lingkungan pemeliharaan dan meningkatkan pertumbuhan ikan.

Kualitas lingkungan, utamanya air memang sangat menentukan performa ikan. Sebaliknya, kualitas air yang buruk bisa mengganggu kesehatan ikan.

Cara Pemakaiannya:
Campurkan 1 tutup probiotik dan larutkan kedalam air segelas kecil lalu siramkan ke pakan dan ratakan . Kemudian diamkan beberapa menit , lalu pakan yang sudah diberi probiotik ini berikan merata pada ikan gurame kita.
Selain itu penggunaan probiotik yang dicmpur kepakan ini akan lebih berguna supaya makanan ini terserap semua menjadi daging sehingga ikan lebih berbobot serta ikan juga lebih kuat terhadapa hama penyakit ikan. Serta membuat air kolam jadi tidak berbau dan ikan juga cepat bongsor.

Probiotik juga bisa dipakai saat pembutan plakton dan air diawal penyiapan air kolam untuk budidaya ikan apapun itu ikannya termasuk budidaya ikan gurame ini. Dan begitupun dengan probiotik Biogan ini. 

Dan inilah salah satu keunggulan penggunaan probiotik, dalam hal ini probiotik biogan, membuat ikan cukup oksigen dan makanan alami berupa fitoplakton dan zooplakton sehingga ikan-ikan gurame itu tetap tenang didalam kolam tidak terlihat kalau sebenarnya banyak ikannya.


Lihat video panen ikan Gurame


Nah, itulah beberapa tips dan pengetahuan cara agar budidaya ikan gurame kita  cepat tumbuh besar dan siap panen. Semoga semakin berkah berlimpah panen guramenya.
Baca Juga