cara atasi jaringan wifi laptop tidak bisa terkoneksi ke internet cara atasi jaringan wifi laptop tidak bisa terkoneksi ke internet - mizipediacom mizipediacom: cara atasi jaringan wifi laptop tidak bisa terkoneksi ke internet

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

cara atasi jaringan wifi laptop tidak bisa terkoneksi ke internet

Friday, 24 May 2019



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas  cara atasi jaringan wifi laptop tidak bisa terkoneksi ke internet Sekarang ini tentunya tidak ada yang tidak membutuhkan koneksi internet? apalagi mereka yang bekerja di kantoran berjulan dll nya. Dan Dengan jaringan WiFi, kita bisa mengakses internet melalui smartphone ataupun laptop tanpa harus khawatir menguras kuota. Wi-Fi sendiri adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk bertukar data di bawah protokol jaringan 802.11.

Untuk system kerjanya mirip dengan jaringan seluler, dimana ada sebuah pemancar yang memancarkan sinyal untuk bisa mengakses layanan internet. Dan bedanya, fungsi pemancar pada jaringan Wi-Fi adalah dijalankan oleh sebuah alat yang bernama wireless router access point.

Biasanya di setiap perkotaan di berbagi tempat publik saat ini sudah menyediakan akses Wi-Fi gratis. Mulai dari lingkungan sekolah, kampus, kantor layanan publik, kafe, restoran, bahkan sampai warung kopi pun memberikan layanan hotspot Wi-Fi gratis untuk menarik minat pengunjung untuk datang ke tempat mereka.

Ketika mengakses WiFi dengan hotspot, tentunya kita pernah alami hal tersebut khususnya saya sendiri lah yang mengalami kendala teknis atau jarimgan error. Sehingga, tak jarang Anda mengalami masalah berupa laptop Anda yang tidak bisa connect WiFi. Kendala teknis tersebut bisa menghambat pekerjaan Anda yang membutuhkan internet cepat.

Jadi kita harus mengetahui hal tersebu untuk mengatasi laptop tidak bisa connect wifi. Namun apa perlu kita harus sampai membongkar laptop untuk mengatasi masalah hardware tersebut? itu semua tergantung dari masalah yang di alami laptop milik kita, namun alangkah baiknya kita harus teliti terlebih dahulu untuk melihat masalah laptop kita sekarang ini dan jangan sampai di bongkar.

karena kebanyakan masalah laptop tidak bisa terhubung ke WiFi diakibatkan oleh adanya masalah pada pengaturan atau softwarenya saja.
Pertama, Anda harus analisa dulu penyebab laptop tidak bisa connect wifi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, diantaranya:

Lampu indikator wireless network pada laptop Anda tidak menyala atau menyala merah. Itu artinya, WiFi di laptop Anda sedang dalam keadaan off.  Tetapi jika lampu indikatornya terus menyala merah padahal sudah diaktifkan, bisa jadi ada kerusakan pada hardware WiFI di laptop Anda. Selain itu, biasanya akan muncul tanda silang merah di ikon WiFi di OS laptop yang Anda gunakan.

Perangkat modem atau akses point di tempat hotspot WiFi yang Anda tempati sedang bermasalah atau tidak aktif. Hal tersebut bisa dilihat dari lampu indikator dari perangkat tersebut, jika perangkatnya terlihat oleh Anda.

Driver WiFi pada laptop Anda belum terinstal
Pengaturan jaringan internet pada laptop Anda ada yang salah. Hal tersebut biasanya terjadi jika Anda pengguna internet yang memakai SSH atau proxy tertentu. Dimana saat menggunakan akses WiFi umum, Anda lupa untuk mengatur ulang. 

Pengaturan untuk koneksi internet menggunakan SSH atau proxy dilakukan secara manual. Sedangkan, adapter wifi laptop menerima IP Address dan pengaturan lainnya secara otomatis karena bantuan teknologi DHCP.

Anda salah memilih WiFi access point yang tersedia. Hal tersebut bisa terjadi jika Anda ternyata mencoba terhubung dengan access point yang sebenarnya digunakan untuk pointing jaringan dengan access point lainnya.

Anda salah memasukkan password untuk masuk ke jaringan WiFi.
Airplane Mode pada laptop sedang dalam dalam kondisi on. Hal ini berlaku untuk laptop ber-OS Windows 8 atau versi ke atasnya.

Ada keterangan “limited access” pada jaringan WiFi yang Anda gunakan.
Ada keterangan “Wifi Unidentified
Driver adapter wifi hilang secara mendadak.
WiFi terkoneksi dengan laptop, tetapi Anda tidak ada membuka internet.
Wifi mendadak tidak bisa terkoneksi akibat daftar jaringan WiFi mendadak hilang.

Setelah Anda mengetahui penyebab laptop Anda tidak bisa terhubung ke WiFi, barulah Anda mencari tahu cara mengatasinya. Berikut ini kami akan berikan cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi yang diakibatkan oleh masalah pengaturan dan software di laptop saja. Untuk masalah hardware, sebaiknya terlebih dahulu harus anda tanyakan kepada orang yang lebih ahli dalam bidang komputer/ laptop. 

Di bawah  ini informasinya selengkapnya:

1. Pengaturan jaringan internet laptop Anda ada yang salah

Untuk mengatasinya, Anda harus mengubah mode jaringan internet laptop Anda dari pengaturan manual menjadi pengaturan otomatis (DHCP mode). Caranya adalah sebagai berikut:
Klik ikon WiFi pada pojok kanan bawah layar Windows Anda.
Klik “Open network and sharing center”
Klik “Change adapter setting” yang berada di pojok kiri atas jendela Network and Sharing Center.
Klik pada adapter WiFi, lalu pilih Properties
Klik dua kali pada “Internet Protocol Version 4  (TCP/IPv4)
Pilih “Obtain and IP address automatically” dan “Obtain DNS server address automatically”. Tujuannya agar adapter WiFi mencari pengaturan IP Address dan DNS secara otomatis menggunakan DHCP.
Klik OK dan Close.
Coba Anda akses sembarang situs web di browser laptop Anda. Jika halaman website yang diinginkan terbuka, maka masalah Anda sudah terselesaikan

2. Ada keterangan “Limited access” pada jaringan WiFi
Masalah satu ini bisa diakibatkan oleh tiga kemungkinan, yaitu: IP address yang Anda dapatkan secara otomatis dari access point sudah habisnya berlakunya; posisi laptop Anda terhadap access point terlalu jauh sehingga mempengaruhi penangkapan sinyal WiFi pada laptop Anda; serta banyaknya cache data WiFi pada laptop Anda yang menyebabkan terjadinya bug pada penerimaan sinyal WiFi di laptop Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Klik “Start Menu” > “Control Panel”.
Setelah masuk ke jendela “Control Panel”, pilih “Network and Internet” > “Network and Sharing Center”.
Pada jendela “Network and Sharing Center”, klik “Manage wireless networks”.
Pada jendela “Manage Wireless Networks”, Anda akan melihat beberapa cache data dari WiFi yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Pada bagian ini, tugas Anda adalah menghapus semua cache WiFi. Caranya, pilih salah satu dari cache, lalu klik “Remove”. Lakukan hal yang sama sampai semua cache WiFi telah dihapus.
Bagi Anda pengguna Windows 8, Anda bisa menyimak cara mengatasi WiFi limited access Windows 8 yang lebih rinci di situs kami ini. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda Windows 10, karena kami pernah membahas cara mengatasi WiFi limited Windows 10 sebelumnya di situs ini.

3. Ada keterangan “WiFi Unidentified” (dengan ikon tanda seru)
Pada kondisi ini, laptop Anda tidak menerima IP address serta DNS server dari hotspot WiFi yang Anda gunakan. Hal tersebut menyebabkan laptop Anda tidak bisa mengakses internet pada jaringan lokal ataupun jaringan internet. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan disconnect pada WiFi tersebut, lalu melakukan connect kembali. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

Klik ikon WiFi di pojok kanan bawah layar laptop Anda.
Klik nama access point dari WiFi yang akan di-disconnect
Klik tombol “Disconnect”
Setelah status WiFi tidak terkoneksi, klik lagi tombol “Connect” pada access point barusan. Yah caranya memang sama dengan cara menyambungkan WiFi ke laptop biasanya.
Coba Anda akses sembarang situs web di browser laptop Anda. Jika halaman website yang diinginkan terbuka, maka masalah Anda sudah terselesaikan.

4. Instal Ulang Driver
Jika semua cara di atas masih belum berhasil untuk menyelesaikan masalah WiFi laptop Anda, itu artinya masalahnya berada pada driver dari adapter WiFi pada laptop Anda. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Buka Start Menu, lalu klik kanan pada My Computer dan pilih Manage
Selanjutnya akan muncul jendela System Properties. Pada jendela tersebut, pilih Device Manager.
Pada jendela Device Manager, coba Anda perhatikan bagian “Network adapters”, lalu klik kanan pada nama adapter WiFi di laptop Anda.
Pilih Uninstall. Anda tidak perlu khawatir, karena saat proses pendeteksian ulang oleh sistem, driver akan terinstal kembali secara otomatis.
Klik kanan pada jendela Device Manager, lalu pilih “Scan for Hardware Changes” untuk memulai proses pendeteksian ulang oleh sistem.
Setelah deteksi ulang selesai, Anda bisa menutup jendela Device Manager.
Coba Anda akses sembarang situs web di browser laptop Anda. Jika halaman website yang diinginkan terbuka, maka masalah Anda sudah terselesaikan.
Bicara soal WiFi, jika Anda hendak berbagi koneksi internet dari laptop Anda menggunakan WiFi, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi WiFi untuk laptop yang pernah kami bahas di situs ini.

Di bawah ini saya sediakan videonya:


Demikian penjelasan singkat pada malam ini, selamat mencoba dan semoga sukses.Jangan lupa ikuti terus update panduan terbaru dari mizipediacom ini.
Baca Juga