Dampak Dari Menggunakan VPN Baru Makan Korban, Pakai Browser Opera untuk Akses Whatsapp (WA), FB, dan IG Error Agar Aman Dampak Dari Menggunakan VPN Baru Makan Korban, Pakai Browser Opera untuk Akses Whatsapp (WA), FB, dan IG Error Agar Aman - mizipediacom mizipediacom: Dampak Dari Menggunakan VPN Baru Makan Korban, Pakai Browser Opera untuk Akses Whatsapp (WA), FB, dan IG Error Agar Aman

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Dampak Dari Menggunakan VPN Baru Makan Korban, Pakai Browser Opera untuk Akses Whatsapp (WA), FB, dan IG Error Agar Aman

Sunday, May 26, 2019



Bagi penggunaan VPN (Virtual Private Network) untuk menembus pembatasan akses Whatsapp (WA), Facebook (FB), dan Instagram (IG), baru saja menunjukkan dampaknya.

Dilansir dari Tribun Jabar dalam artikel 'Pakai VPN dan Buka M-Banking, Uang di Rekening Mimin Ludes, di Garut Sudah 7 Orang Jadi Korban VPN', peringatan Kemenkominfo soal VPN bisa menyedot data pribadi si pengguna terbukti kebenarannya

Dampak penggunaan VPN dirasakan oleh Mimin (34), warga Jalan Ciledug, Kecamatan Garut Kota.

Uang miliknya yang disimpan di salah satu bank raib setelah Mimin menggunakan VPN di ponselnya.

Di HP memang ada aplikasi m-banking. Waktu whatsapp down, saya disaranin download VPN sama teman. Ya saya instal saja biar bisa lancar pakai WA," kata Mimin, Jumat (24/5/2019).

Saat hendak memeriksa saldo melalui m-banking, uang di rekeningnya ludes. Total ada Rp 2,7 juta uang Mimin yang hilang.

"Padahal saya tidak transaksi di m-banking. Hanya cek saldo saja. Tapi pas dicek sudah kosong uangnya," katanya.

Ia lalu melapor ke pihak bank untuk menanyakan uangnya yang tiba-tiba hilang. Dari keterangan pihak bank, mimin jadi orang ketujuh yang melaporkan hal serupa.

"Kasusnya sama pakai VPN terus buka m-banking. Saldonya sampai habis," ucapnya.

Ia mengingatkan agar masyarakat yang menggunakan VPN untuk berhati-hati. Lebih baik mencopot aplikasi tersebut ketimbang data pribadi di curi.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara sempat menjelaskan adanya bahaya menggunakan VPN.

Dilansir dari tayangan Kompas Petang, Kamis (23/5/2019), Rudiantara juga memberikan opsi selain VPN yang lebih aman digunakan.

Hal ini bermula saat sang pembawa acara bertanya soal kebijakan Kominfo yang masih dianggap kurang efektif.

"Pak Rudiantara banyak pihak yang mengingatkan bahwa ketika diambil kebijakan pembatasan sosial media dan juga saluran tertentu masih ada saluran lain yang bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak baik atau hal-hal yang berpotensi untuk menyebarkan juga informasi-informasi yang belum bisa diverifikasi, bagaimana pemerintah melihat ini?," tanya pembawa acara.

Rudiantara lalu menjawab beberapa kelemahan VPN.

"Itu sudah diperhitungkan, salah satunya adalah melalui VPN, kan selalu dikatakan kita bisa by pass melalui VPN Virtual Private Network saya justru sarankan hati-hati, hindari VPN," ujar Rudiantara.

Ada beberapa alasan Menkominfo melarang untuk menggunakan VPN.

"VPN yang gratis terutama ya, VPN yang gratis ini bisa kita terdampak terbukanya data-data pribadi kita itu satu," kata Rudiantara.

Lebih lanjut, Rudiantara mengatakan bahwa penggunaan VPN juga dapat menyebabkan serangan malware.

"Kedua itu bisa menjadi masuknya malware ke ponsel kita jadi hindari itu."

Juga kalau yang gratis tetap saja begitu menggunakan aplikasi WA melalui VPN itu tetap saja kalau video dan gambarnya tidak bisa atau minimal lemot gitu lo."

Rudiantara lalu mencontohkan negara maju sekelas Tiongkok yang juga dibatasi dalam penggunaan WhatsApp (WA). 
Ini sebaiknya kalau kita lihat Tiongkok sekalipun negara yang semuanya dikontrol, WA tidak bisa, WA call tidak bisa di sana tapi menggunakan VPN bisa," imbuhnya.

Pembawa acara lalu menegaskan bahwa VPN bisa berbahaya untuk akses ke media sosial.

"Ini juga berbahaya juga ya menggunakan VPN untuk akses ke media sosial dan juga aplikasi pesan singkat?" tanya pembawa acara lagi.

Rudiantara membenarkan pernyataan pembawa acara Kompas TV itu, tapi memberikan pengecualian

"Betul, kecuali mau bayar 2 juta tiga juta mungkin ya tapi siapa sih yang mau bayar 2,3 juta," kata Rudiantara sambil tertawa.

Pakai Browser Opera Lebih Aman

Ada cara membuat internet kembali normal tanpa download aplikasi VPN atau mengganti DNS yang berbahaya.

Cara tersebut dengan menginstal aplikasi Opera pada HP ataupun komputer yang biasa anda pakai. SURYA.CO.ID sudah mencoba pemakaian aplikasi Opera tersebut dan berhasil mengoperasikan Whatsapp (WA) Facebook (FB) dan Instagram (IG) dengan normal.

Adapun cara memanfaatkan aplikasi Opera untuk mengoperasikan Whatsapp (WA) Facebook (FB) dan Instagram (IG) dengan nomal adalah anda harus menginstal terlebih dulu.


Setelah menginstal aplikasi tersebut, anda perlu melakukan setting aplikasi opera agar bisa mengoperasikan Whatsapp (WA) Facebook (FB) dan Instagram (IG) dengan normal.

Lihat gambar di bawah ini untuk melakukan setting untuk bisa mengoperasikan Whatsapp (WA) Facebook (FB) dan Instagram (IG) dengan normal.
Setelah menekan tombol itu anda akan masuk ke dalam setting Opera.

Setelah itu lihat kolom 'cari' di sebelah kanan atas, lalu ketikkan 'VPN'

Pastikan tombol VPN itu aktif.


capture opera setting vpn (SURYA.CO.ID)

Sementara untuk HP anda tinggal menginstal aplikasi VPN Gratis Opera VPN Gratis di Play Store pada link bawah ini


Untuk diketahui, seting VPN di browser Opera tersebut mengikuti berbagai macam server di dunia.

Apakah aman? SURYA.CO.ID coba menelusuri di internet. Dalam artikel KOMPAS.COM berjudul Opera Browser Sediakan VPN Gratis untuk Pengguna Android diketahui fitur tersebut sudah lama diujicobakan dan belum ada kendala.

Menurut pihak Opera, fitur VPN ini digelontorkan pada pengguna sebagai perlindungan tambahan ketika berselancar di dunia maya.

"Kami telah mulai menguji fitur VPN bawaan pada browser kami untuk pengguna Android.

Pengguna Beta di seluruh dunia dapat menguji fitur VPN ini dengan gratis dan tak terbatas," tulis pihak Opera.

"Fitur baru ini dirancang untuk meningkatkan kontrol dan privasi penjelajahan Anda.

Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi berbayar secara terpisah untuk melindungi aktivitas Anda saat menggunakan Wi-Fi publik," lanjut mereka.

Cara mengaktifkan VPN ini sangat mudah. Pertama-tama, pengguna cukup mengunduh "Opera browser beta" di Google Play Store.

Setelah terinstal, cukup masuk pada menu "pengaturan" atau "setting" dan pengguna akan menemukan tombol untuk menyalakan dan mematikan VPN.

Meskipun VPN ini bisa digunakan secara cuma-cuma, Opera menjamin bahwa pihaknya tidak akan menyimpan atau mengumpulkan data tertentu dari pengguna.

"VPN kami adalah layanan tanpa meninggalkan 'log', yang berarti kami tidak akan bisa mengumpulkan informasi apapun dari mereka yang menggunakan server jaringan ini. Ini akan menjaga data pribadi Anda terlindungi dari penyusup ketika terhubung dengan jaringan Wi-Fi publik," ungkap pihak Opera.
Lihat Juga