WhatsApp Mudah Rentan Dibobol Hacker WhatsApp Mudah Rentan Dibobol Hacker - mizipediacom mizipediacom: WhatsApp Mudah Rentan Dibobol Hacker

Iklan Semua Halaman

WhatsApp Mudah Rentan Dibobol Hacker

Saturday, 18 May 2019



WhatsApp Mudah Rentan Dibobol HackerPengertian Hacker dan Jenis Hacker – Hacker adalah seseorang yang mempunyai keahlian berkenaan sistem komputer dan pemrograman. Istilah hacker sendiri mengalami perkembangan pengertian dan definisi. 

Kata “hacker” mulai muncul di akhir tahun 1950-an, yang merujuk pada para programmer mahir. Kemudian di tahun 1970-an, istilah hacker digunakan untuk menggambarkan para revolusioner komputer yang menjadi cikal-bakal para pendiri perusahaan komputer. Akhir tahun 1980-an, kata hacker identik dengan pembajakan video game dengan menghilangkan proteksi dan menjualnya. 

Dan saat ini banyak yang mengartikan negatif bahwa hacker adalah seseorang yang menerobos sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses, menghapus file, atau mengacaukan sistem komputer.

Namun pengertian negatif dari hacker di atas tidaklah sepenuhnya benar, meskipun memang ada jenis hacker yang aksinya melakukan hal-hal demikian. Hacker jenis ini sering disebut sebagai cracker. Banyak hacker yang aktivitasnya adalah mengamankan sistem komputer agar tidak mudah disusupi oleh program-program jahat. Agar kita tidak terlalu menganggap negatif istilah hacke

Hacker atau peretas memanfaatkan celah keamanan pada aplikasi perbincangan WhatsApp untuk menyebarkan software mata-mata. Spyware tersebut diduga besutan perusahaan Israel, NSO Group.

Laporan peretasan tersebut disikapi Facebook selaku pemilik WhatsApp. Perusahaan teknologi berbasis di Amerika Serikat itu mendesak para pengguna untuk memperbarui aplikasi di smartphone masing-masing.

Langkah ini untuk mengurangi kemungkinan peretas dapat mencuri data pribadi di telepon seluler atau ponsel pintar. Terutama dengan hanya menelepon, baik pengguna menjawab panggilan telepon atau tidak.

Bagaimana celah dan target peretasan terhadap data pengguna WhatsApp? Bagaimana pula solusi dan pencegahannya? Simak dalam Infografis berikut ini.

Infografi

Demikian info terkini dari mizipediacom.
Baca Juga