5 Cara Ini Bisa Bebaskan Anda dari Stres 5 Cara Ini Bisa Bebaskan Anda dari Stres - mizipediacom mizipediacom: 5 Cara Ini Bisa Bebaskan Anda dari Stres

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

5 Cara Ini Bisa Bebaskan Anda dari Stres

Monday, June 3, 2019



Tentunya pada saat stres melanda dan suasana hati buruk (bad mood), seolah apa pun yang dikerjakan tak membuahkan hasil maksimal. Wajar saja, produktivitas itu muncul ketika suasana hati sedang bagus dan pikiran fresh.
Biasanya, banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan stres dan membangkitkan mood. Mulai dari travelling, melakukan hobi, hingga belanja terkadang bisa jadi obatnya.
Tapi, tak sedikit kegiatan itu membutuhkan dana. Sehingga harus menyisihkan uang untuk bisa menghalau stres dan mengusir bad mood.
Tapi tahukah Anda, ternyata ada cara sepele yang bisa membuat diri terhindar dari stres dan bad mood. Apakah itu? Seperti dikutip dari Cermati.com, ternyata mendengarkan musik bisa bisa bebaskan diri dari stres dan bad moodlo, kenapa?
1. Musik Bisa Membuat Tidur Lebih Nyaman
Jika sebagian orang begitu mudah tidur dan terlelap dengan pulas, maka sebagian lainnya justru mengalami masalah tidur. Bukan hanya sesekali saja, masalah sulit tidur ini bisa saja menjadi akut dan menahun.
Hal ini tentu sangat merugikan kesehatan, mengingat dampak kurang tidur akan sangat terlihat dengan jelas pada kualitas kesehatan seseorang. Pada dasarnya, untuk bisa tidur pulas, tubuh harus menemukan kenyamanan dan juga ketenangan.
Hal ini bisa dibantu dengan mendengarkan musik, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Musik bisa memengaruhi otak menjadi lebih tenang dan nyaman, sehingga tubuh yang lelah juga terasa lebih santai dan siap untuk istirahat/tidur.
Mendengarkan alunan musik yang tenang seperti musik klasik yang lembut sebelum tidur, akan membuat pikiran lebih tenang dan mudah terlelap.

2. Bisa Mengatasi Kecemasan

Rasa cemas dan selalu was-was bisa saja menjadi sebuah kebiasaan buruk yang tidak mudah hilang. Kondisi ini membuat detak jantung dan tekanan darah tidak beraturan, sehingga tubuh dan pikiran mengalami ketegangan sepanjang waktu.
Hal seperti ini biasanya banyak dirasakan oleh mereka yang bekerja dengan tekanan tinggi atau bahkan para orangtua. Kondisi ini akan memberikan dampak negatif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Musik bukan hanya digunakan untuk bersenang-senang, namun musik juga bisa menghilangkan kecemasan. Meluangkan waktu untuk mendengarkan musik jazz atau musik klasik yang lembut akan membuat pikiran lebih tenang.
Tubuh akan lebih nyaman dan berbagai kekhawatiran akan hilang seiring dengan hadirnya pikiran yang lebih santai. Detak jantung akan lebih teratur dan tekanan darah menjadi normal serta stabil, sehingga tubuh lebih sehat sepanjang waktu.
3. Membantu Pemulihan
Operasi kerap menjadi situasi yang menegangkan atau bahkan menakutkan untuk sebagian pasien. Sementara untuk kelancaran proses operasi itu sendiri, pasien harus tenang, nyaman dan dalam kondisi yang stabil.
Hal ini bisa didapatkan dengan mendengarkan musik yang tenang sesaat sebelum operasi berlangsung, sehingga pasien nyaman dan benar-benar siap menjalani proses operasi. Selain itu, musik juga akan membantu proses pemulihan pasien, terutama untuk pemulihan pasca stroke yang biasanya membutuhkan waktu yang panjang.

4. Meningkatkan Mood dengan Cepat

Kehilangan mood secara tiba-tiba atau bahkan untuk waktu yang panjang merupakan hal yang sangat merugikan. Kondisi ini bisa saja membuat hari menjadi buruk, menimbulkan stres, depresi, dan berbagai kondisi negatif lainnya.
Untuk meningkatkan mood dengan cepat, mendengarkan musik adalah pilihan terbaik. Musik bisa mengantarkan energi yang positif, sehingga mood kembali terbangun dan membuat pikiran menjadi lebih positif.
Pilih jenis musik yang tepat dan sesuai dengan selera, sehingga langkah ini benar-benar berhasil dengan baik.
5. Mencegah Kejang pada Pasien Epilepsi
Saat pasien epilepsi akan mengalami kejang. Pada bagian otak terjadi aktivitas listrik tertentu, di mana hal inilah yang pada dasarnya memicu terjadinya kondisi kejang tersebut.
Aktivitas listrik ini bisa dicegah dengan mendengarkan musik, terutama musik-musik yang menenangkan seperti musik klasik. Hal ini dibenarkan oleh para ahli kesehatan yang berpendapat bahwa, musik dapat menekan dan mencegah terjadinya kejang pada pasien epilepsi.
Jadikan Musik sebagai “Menu” Harian
Buat Anda yang selalu ingin hidup sehat dan bersemangat, menjadikan musik sebagai salah satu “menu” harian adalah hal yang tepat. Cobalah untuk menikmati musik dengan menyenangkan dan mendapatkan berbagai dampak positif kesehatan untuk tubuh. Hal ini bukan hanya akan menyenangkan saja, namun juga membuat Anda nyaman dan bersemangat sepanjang hari.
Lihat Juga