Hp Huawei Tidak Bisa Lagi Di Gunakan Untuk Whatsapp (WA), Instagram, & Facebook Hp Huawei Tidak Bisa Lagi Di Gunakan Untuk Whatsapp (WA), Instagram, & Facebook - mizipediacom mizipediacom: Hp Huawei Tidak Bisa Lagi Di Gunakan Untuk Whatsapp (WA), Instagram, & Facebook

Iklan Semua Halaman

Hp Huawei Tidak Bisa Lagi Di Gunakan Untuk Whatsapp (WA), Instagram, & Facebook

Minggu, 09 Juni 2019



Whatsapp (WA), Instagram, & Facebook Tak Bisa Lagi Digunakan di Hp Huawei 

Aplikasi whatsapp (WA), instagram, dan facebook tak bisa lagi digunakan untuk Hp Huawei keluaran selanjutnya
Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Ponsel Huawei Berikutnya Tidak Bisa WhatsApp, Facebook, dan Instagram', vendor asal China tersebut dilaporkan tak bisa memasang aplikasi besutan Facebook secara sistem atau pre-loaded di Hp Huawei yang baru akan dirilis.
Tak hanya aplikasi Facebook saja, sejumlah aplikasi perusahaan di bawah naungan Mark Zuckerberg seperti WhatsApp (WA) dan Instagram juga bakal dilarang dipasang di ponsel Huawei.
Meski dilarang dipasang secara pre-loaded, pengguna yang memiliki ponsel Huawei keluaran saat ini masih bisa mengunduh tiga aplikasi tadi.
Namun, untuk ponsel-ponsel Huawei keluaran berikutnya, pengguna bakal tidak bisa men-download Facebook, WhatsApp, dan Instagram, karena Huawei juga diblokir oleh Google Play Store, sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (8/6/2019).
Berdasarkan laporan, Facebook mengambil langkah ini lantaran ingin tetap sejalan dengan peraturan yang ditetapkan di negara Amerika Serikat.
Mereka tidak membeberkan secara pasti kapan langkah pemblokiran akses pemasangan aplikasi Facebook ini diterapkan pada ponsel-ponsel Huawei.
Namun, mereka memastikan bahwa pengguna yang telah memiliki ponsel Huawei hingga saat ini masih bisa menggunakan aplikasi Facebook, seperti mengunggah status dan menelisik lini masa Facebook
Google sebagai pemilik Android dan penyedia toko aplikasi Play Store, juga telah mengumumkan akan untuk memutus akses sistem operasi dan aplikasi serta layanan Google di ponsel Huawei.
Pihak Huawei belum memberikan komentar terkait masalah terbaru yang menimpa perusahannya itu.
Lisensi Android HP Huawei Dicabut
Diberitakan sebelumnya, Hp Huawei terancam tak bisa menggunakan sistem operasi android, yang akan berakibat beberapa aplikasi Google tak bisa digunakan
Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Google Akan Cabut Lisensi Android Smartphone Huawei', Google dikabarkan akan menangguhkan bisnisnya dengan Huawei sehingga Hp inipun terancam tak bisa lagi memakai android
Juru bicara Google telah memberikan pernyataan resmi perusahaan terkait kabar penarikan lisensi Android untuk Huawei.
"Kami mematuhi order yang diberikan (pemerintah AS) dan sedang menganalisis dampaknya", ujar juru bicara Google ke situs teknologi Android Police
Meski demikian, Huawei masih memiliki kesempatan untuk menggunakan sistem operasi Android meski telah kehilangan lisensi.
Pasalnya Android merupakan sistem operasi terbuka (open-source) yang berbasis komunitas.
Hanya saja, aplikasi buatan Google lainnya seperti Gmail, Chrome, dan Play Store tidak akan dapat digunakan di smartphone Android karena layanan tersebut memerlukan perjanjian komersial antara Huawei dengan Google.
"Huawei hanya akan dapat menggunakan sistem operasi Android versi publik, dan tidak akan mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan eksklusif dari Google," ujar sumber tersebut.
Dikutip dari Reuters, Senin (20/5/2019), hal tersebut sejatinya sudah diantisipasi oleh Huawei sejak jauh-jauh hari.
Huawei dikabarkan telah menyiapkan sebuah "rencana B" yakni dengan membuat serta mengembangkan teknologi sendiri, seandainya Huawei diblokir dari penggunaan Android.
Meski Huawei memiliki "rencana B", menurut peneliti dari lembaga riset pasar CCS Insight, aturan yang diberlakukan pemerintah AS ini akan tetap berdampak signifikan pada lini bisnis smartphone Huawei, khususnya untuk wilayah Eropa.
Pasalnya sampai saat ini, wilayah Eropa menjadi pasar terbesar kedua milik Huawei. Baca juga: Bos Huawei Keta
"Memiliki aplikasi-aplikasi tersebut, sangat penting bagi produsen ponsel pintar agar tetap kompetitif di wilayah semisal Eropa," ungkap Geoff Blaber, Vice President Research dari CCS Insight.
Seperti diketahui, Huawei baru saja dimasukkan ke dalam blacklist sebagai brand yang terlarang dalam urusan perdagangan
Seluruh perusahaan yang masuk dalam daftar ini dilarang membeli komponen dalam bentuk apapun dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS.
Jika Huawei ingin membeli komponen tertentu dari perusahaan AS, Huawei harus mengajukan izin kepada pemerintah AS untuk membeli komponen tersebut.
Daftar HP Tak Bisa Gunakan WhatsApp (WA)
Setidaknya ada tiga ponsel (HP) dan aplikasi yang masuk daftar tidak bisa menggunakan WhatsApp (WA) lagi mulai akhir tahun ini dan awal tahun 2020.
Apabila dukungan WhatsApp terhadap sebuah sistem operasi telah dihentikan, mungkin aplikasi WhatsApp tak akan mogok begitu saja.
Namun, pihak WhatsApp mengingatkan bahwa fungsi dan fitur-fiturnya bisa berhenti bekerja sewaktu-waktu.
Seperti diketahui, WhatsApp telah memperbarui halaman Frequently Asked Questions (FAQ) tentang sistem operasi smartphone/ponsel yang bakal dihentikan dukungannya alias tidak bisa lagi menjalankan fungsi aplikasi WhatsApp di masa mendatang.
Selain BlackBerry dan Windows Phone, ternyata versi-versi tertentu dari OS Android dan iOS (iPhone) juga tak luput dari pencabutan dukungan WhatsApp dalam waktu dekat.
Apa saja? Simak daftar selengkapnya berikut ini.
1. Windows Phone/ Windows 10 Mobile
WhatsApp bakal menyetop dukungannya untuk semua ponsel berbasis WIndows Phone.
Penghentian layanan WhatsApp untuk Windows Phone semua versi -termasuk Windows 10 Mobile- bakal berlaku mulai 31 Desember 2019, atau akhir tahun ini.
Sistem operasi Windows Phone sendiri sebenarnya sudah ditinggalkan oleh Microsoft selaku sang empunya sejak akhir 2017.
Microsoft pun telah meminta basis pengguna Windows Phone yang masih loyal agar beralih ke iOS atau Android.
2. Android versi 2.3.7
Walau smartphone Android menjadi basis pengguna WhatsApp yang besar, namun sejumlah sistem operasi Android lawas bakal dihentikan layanannya, termasuk Android versi 2.3.7 keluaran 2010.
Penghentian dukungan ini akan diberlakukan setelah 1 Februari 2020.
Jumlah perangkat yang masih menjalankan Android versi 2.3.7 "Gingerbread" sendiri sebenarnya sudah sangat kecil.
Data terbaru dari Google menunjukkan bahwa, dari keseluruhan populasi Android, hanya 0,3 persennya merupakan Android 2.3.7.
3. iOS 7
Selain ponsel Android, WhatsApp juga populer di ponsel iPhone yang menjalankan iOS.
Namun versi iOS 7 bakal disetop dukungannya oleh WhatsApp setelah 1 Februari 2020, berbarengan dengan Android 2.3.7.
Sama pula dengan Android 2.3.7, di ekosistem Apple, populasi perangkat yang masih menjalankan iOS 7 keluaran 2013 tersebut hanya sedikit.
Persentase perangkat dengan iOS 10 atau yang lebih lawas kurang dari 5 persen dari keseluruhan.
Untuk iPhone, model terakhir yang mentok di iOS 7 alias tidak bisa diperbarui ke iOS versi berikutnya adalah iPhone 4 yang rilis pada 2010.
Para pengguna ponsel tua ini pun tak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 1 Februari tahun depan.
Selain daftar di atas, WhatsApp sudah menghentikan dukungan aplikasinya untuk sejumlah sistem operasi, yakni Android 2.3.3, iOS 6, dan BlackBerry OS.
Perusahaan penyedia layanan chatting milik Facebook itu juga menambah OS baru ke dalam daftar OS yang didukungnya, yakni KaiOS 2.5.1+.
KaiOS adalah sistem operasi berbasis arsitektur ARM, dan menjadi penerus Firefox OS yang telah disetop oleh Mozilla, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Senin (13/5/2019).
Baca Juga