Jumlah Wisatawan Dari Banda Aceh ke Sabang Padat Jumlah Wisatawan Dari Banda Aceh ke Sabang Padat - mizipediacom mizipediacom: Jumlah Wisatawan Dari Banda Aceh ke Sabang Padat

Iklan Semua Halaman

Jumlah Wisatawan Dari Banda Aceh ke Sabang Padat

Senin, 10 Juni 2019




BANDA ACEH - Jumlah wisatawan yang bertolak ke Sabang melalui Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh selama libur Lebaran ini masih membeludak. Hingga hari keenam Idul Fitri 1440 hijriah, Minggu (9/6), penumpang yang berangkat ke Sabang maupun yang tiba di Pelabuhan Ulee Lheue masih terbilang ramai.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh, Junaidi ST MT melalui Kabid Darat, Nizarli kepada Serambi, Minggu (9/6) di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Nizarli yang didampingi Plt Kepala Pelabuhan Ulee Lheue, Sayed Sahrul, mengatakan, jumlah penumpang maupun kendaraan bermotor yang berangkat dari Pelauhan Ulee Lheue ke Sabang pada Minggu (9/6) kemarin masih padat dan ramai.
“Banyak masyarakat pergi ke Sabang untuk menghabiskan masa liburan panjang lebarannya,” ujar Nizarli. Untuk penyeberangan pada Minggu (9/6), pihaknya belum mendata total penumpang yang berangkat maupun yang tiba menggunakan kapal roro dan kapal cepat. Namun sehari sebelumnya, Sabtu (8/6), jumlah penumpang ke Sabang dari lima kali trip mencapai 1.613 orang, roda dua sebanyak 720 unit, dan roda empat sebanyak 86 unit. Bahkan jumlah penumpang kapal cepat pada hari itu mencapai 1.537 orang.
Sementara penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Balohan ke Ulee Lheue, kata Nizarli, paling banyak terjadi pada Sabtu (8/6). Jumlahnya mencapai 1.293 orang penumpang, 224 unit roda dua, dan 99 unit roda empat. “Sebelumnya, Jumat (7/6), jumlah penumpangnya 912 orang, 167 unit roda dua, dan 109 unit roda empat,” jelasnya, dan menyebut jumlah penumpang kapal cepat juga meningkat secara signifikan.
Menurut Plt Kepala Pelabuhan Ulee Lheue, Sayed Sahrul, tingginya kunjungan wisatawan ke Sabang sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Aceh daratan maupun luar Aceh. Liburan bersama keluarga ini tidak hanya terjadi pada masa liburan lebaran saja, tetapi juga pada hari libur nasional yang bersambung dengan akhir pekan. “Umumnya para pegawai, karyawan, serta anak-anak sekolah berlibur ke Sabang pada masa itu,” imbuhnya.
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan bahwa Sabang menawarkan berbagai keindahan alam bagi wisatawan. Maka tak heran, masyarakat memilih Sabang untuk menghabiskan masa liburan Lebaran demi menikmati keindahan di sana. “Bagi mereka yang suka berenang bisa menikmati keindahan bawah laut Sabang dengan snorkling maupun diving. Liburan ke Sabang membuat pikiran jadi segar pada saat masuk kerja kembali,” ucapnya.
Selain itu, kata Jamaluddin, Sabang sering dilalui kapal pesiar dari berbagai negara di dunia. Pemandangan itu menjadi objek wisata yang ditunggu-tunggu masyarakat. “Menurut nakhoda kapal pesiar yang pernah singgah di Teluk Sabang, perjalanan wisata lautnya terasa tidak sempurna kalau tidak singgah di Sabang,” timpalnya.
Jamaluddin menambahkan, pihaknya terus memaksimalkan kunjungan wisata lokal, nasional, dan luar negeri ke Sabang dan daerah kepulauan lainnya dengan menggelar event pariwisata setiap tahun. “Aneka ragam kegiatan kami adakan untuk meramaikan kunjungan wisata ke Sabang. Ada banyak event kesenian, perlombaan, dan kuliner untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke sana,” pungkasnya.
Dilansir dari  serambinews.com
Baca Juga