Akibatnya Jika Mematikan Laptop/ Pc Tanpa Melakukan Shut Down Akibatnya Jika Mematikan Laptop/ Pc Tanpa Melakukan Shut Down - mizipediacom mizipediacom: Akibatnya Jika Mematikan Laptop/ Pc Tanpa Melakukan Shut Down

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Akibatnya Jika Mematikan Laptop/ Pc Tanpa Melakukan Shut Down

Wednesday, 31 July 2019



Mematikan Laptop/ Pc Tanpa Melakukan Shut Down

Dari kecanggihan teknologi sekarang ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mencari informasi mengenai harga dan spesifikasi pc/ lapatop, Anda juga dapat melakukan pembelian komputer impian Anda melalui toko-toko online yang terpecaya seperti bukalapak, tokopedia dan lainnya.


Sama seperti barang milik Anda lainnya, pc/ laptop yang Anda beli juga butuh dirawat tentunya. Terlebih harga pc/ laptop terbaru saat ini tidak bisa dibilang murah karena sudah dibekali teknologi masa kini yang canggih. Meskipun sudah mahir mengoperasikannya, Anda perlu memahami cara menggunakan komputer dengan baik dan benar. Hal tersebut bertujuan agar komputer yang Anda miliki tetap awet, berumur panjang, dan tidak cepat rusak.

Pengoperasian komputer yang baik juga harus didasari pengetahuan mengenai hal-hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan pada komputer. Salah satu hal yang mungkin pernah atau bahkan sering Anda lakukan adalah langsung mematikan pc/ laptop kesayngan kita tanpa harus di shutdown kan terlebih dahulu. 

Untuk beberapa alasan mendesak, mematikan komputer langsung dari tombol powernya memang disarankan. Tapi kalau alasannya hanya karena terburu-buru, hal ini sangat tidak disarankan dan akan dapat membuat laptop anda bisa bermasalah nantinya.

# Jika Mematikan Komputer Tanpa Shutdown

Mematikan komputer tanpa shutdown bisa menyebabkan kerusakan fatal. Nah mau tau apa saja  bahaya yang mungkin bisa timbul dari mematikan pc/laptop tanpa shutdown terlebih dahulu? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini.

1. RAM mengalami masalah

Harga komputer terbaru salah satunya dipengaruhi oleh kapasitas yang RAM yang ditanamkan. RAM adalah salah satu komponen penting untuk menghasilkan kinerja komputer yang optimal dan maksimal.

Yang terjadi pada RAM ketika Anda mematikan komputer melalui proses shutdown adalah RAM akan menutup semua aplikasi yang berjalan secara teratur. Nah,  sekarang bayangkan jika Anda mematikan komputer tanpa melalui proses shutdown. Tentu saja RAM komputer Anda akan mengalami masalah bahkan kerusakan fatal.

2. Hard disk mengalami bad sector

Ketika komputer dalam kondisi menyala dan menggunakan hard disk, piringan yang ada di dalam hard disk akan berputar. Jika Anda mematikan komputer secara paksa, yaitu tanpa shutdown, piringan tersebut akan berhenti berputar secara tiba-tiba. Hal ni bisa mengakibatkan hard disk mengalami Bad Sector.

3. Kerusakan pada power supply

Power supply berfungsi untuk memberikan dan membagikan daya ke seluruh komponen komputer. Mematikan komputer tanpa shutdown akan mengakibatkan kerusakan pada power supply. Komponen ini akan secara tiba-tiba berhenti memberikan aliran listrik ke seluruh komponen yang mengakibatkan komponenkomponen lain berhenti berfungsi.

4. Registry berantakan

Registry terletak pada sistem operasi komputer. Jika Anda mematikan komputer langsung melalui tombol power, hal tersebut akan mengakibatkan Registry akan berantakan dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Padahal Registry pada komputer berfungsi untuk mengatur kinerja hardware dan software agar dapat bekerja secara optimal.

5. Prosesor mengalami kerusakan

Prosesor berperan sebagai otak komputer. Berbeda dengan otak manusia, otak komputer tidak dapat dimatikan secara tiba-tiba tanpa proses shut down. Jika masih sayang dengan uang Anda dan tidak ingin hal buruk terjadi pada prosesor Anda, matikan komputer melalui proses shut down. Jangan matikan komputer langsung  dengan menekan tombol power.

Demikian lima hal yang bisa terjadi jika Anda mematikan komputer tanpa shutdown. Jika Anda tidak ingin komputer Anda mengalami kerusakan tertentu, sebaiknya Anda tidak mematikan komputer secara paksa. Kecuali jika memang dalam kondisi urgent, seperti komputer mengalami hang.

Jika Anda sudah membekali diri Anda mengenai pengoperasian komputer yang baik dan benar, sekarang saatnya Anda membeli komputer impian. Anda bisa  mendapatkan harga komputer terbaru impian Anda di Bukalapak atau tokopedia. 

Demikian penjelasan singkat yang dapat di sampaikan.
Lihat Juga