Cara Screenshot Panjang di Semua Ponsel Android Cara Screenshot Panjang di Semua Ponsel Android - mizipediacom mizipediacom: Cara Screenshot Panjang di Semua Ponsel Android

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Cara Screenshot Panjang di Semua Ponsel Android

Thursday, 25 July 2019



Ilustrasi Foto Screenshot Panjang

Tangkapan layar atau screenshot pasti sudah tidak asing bagi kamu pengguna Android. Dengan fitur screenshot, kamu bisa menyimpan tampilan sebuah web atau percakapan dalam bentuk gambar. Tiap ponsel atau perangkat Android pasti memiliki fitur bawaan screenshot.


Beberapa merek ponsel pintar memungkinkan kamu untuk mengambil tangkapan layar yang panjang. Misalnya, kamu bisa men-screenshot sebuah tampilan web secara utuh tanpa terpotong. Fitur seperti ini pastinya menarik dan memudahkan kamu untuk menyimpan tangkapan layar dengan praktis.

Namun, tak semua merek ponsel pintar mengadopsi fitur screenshot panjang ini. Banyak pula ponsel yang hanya bisa men-screenshot sesuai ukuran layar yang ada. Namun, tak perlu menyesal, kamu tetap bisa melakukan screenshot panjang di ponsel Androidmu dengan beberapa bantuan kecil.

Beberapa aplikasi yang dapat diunduh gratis di Play Store dapat membantumu melakukan screenshot panjang. Kamu bisa mencoba aplikasi ini untuk mempermudah aktivitas dokumentasimu. 

Berikut cara screenshot panjang di semua ponsel Android yang berhasil rangkum dari Android Gadgethacks, Rabu (24/7/2019).

Unduh aplikasi LongShot

Unduh aplikasi LongShot (sumber: Android Gadgethacks)

LongShot adalah aplikasi khusus Android yang populer untuk membuat tangkapan layar yang panjang dan bergulir. Aplikasi ini memiliki tiga fitur inti:

The stitching tool, yang memungkinkan kamu menghubungkan banyak tangkapan layar menjadi satu tangkapan layar panjang.

Alat yang dapat secara otomatis menangkap halaman web yang panjang.

A floating tool, untuk mengambil beberapa tangkapan layar secara berurutan.

Pertama, kamu memerlukan aplikasi LongShot, jadi buka aplikasi Play Store dan cari "LongShot for long screenshot". LongShot memiliki lebih dari satu juta unduhan dan didukung iklan.

Konfigurasikan Aplikasi

Konfigurasikan Aplikasi (sumber: Android Gadgethacks)

Buka aplikasi LongShot. Ini akan meminta akses ke foto dan media di perangkatmu. Aplikasi ini membutuhkan akses untuk membantu menyatukan fotomu, jadi tekan tombol "Izinkan".

Secara opsional, jika perangkatmu menjalankan Android 7.0 dan lebih tinggi, kamu dapat mengaktifkan "Auto Scroll". Dengan gulir otomatis, aplikasi akan mengambil gambar dan menggulir untukmu.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu harus memberikan izin Aksesibilitas. Tekan kotak centang "Auto Scroll", maka kamu akan diminta untuk mengaktifkan fitur Aksesibilitas. Tekan OK." Pada layar "Aksesibilitas", temukan aplikasi LongShot dan tekan namanya. Kamu akan dibawa ke layar aksesibilitas LongShot.

Dari sini, aktifkan opsi aksesibilitas untuk LongShot, kemudian akan muncul popup. Tekan tombol "OK" dan kembali ke aplikasi. Ketika kamu kembali, fitur "Auto Scroll" sudah diaktifkan.

Ambil screenshot panjang
Ambil screenshot panjang (sumber: Android Gadgethacks)

Setelah kembali ke layar utama aplikasi, tekan tombol kotak biru dengan ikon rana kamera. Ketika kamu melakukan ini, sebuah popup akan muncul mengatakan itu akan menangkap apa yang ada di layarmu. Tekan "Start Now." Ketika kamu melakukan ini, kamu akan dibawa ke layar beranda.

Sekarang kamu bisa membuka aplikasi tempat kamu ingin mengambil tangkapan layar yang panjang. Saat kamu siap, tekan tombol hijau "Start". Jika "Auto Scroll" diaktifkan, ponsel akan menggulir secara otomatis sisa halaman apa pun yang kamu buka dan mengambil tangkapan layar yang panjang.

Jika kamu ingin berhenti mengambil gambar sebelum akhir halaman, tekan di atas garis merah. Ketika kamu melakukan ini, kamu akan dibawa ke layar baru untuk menyempurnakan gambar. Jika kamu tidak ingin memberi aplikasi opsi aksesibilitas aplikasi atau jika Androidmu dibawah seri 7, kamu masih dapat mengambil screenshot yang bergulir.

Prosesnya sama, tetapi harus secara manual dan perlahan-lahan gulir ke bawah halaman. Setelah kamu mendapatkan apa yang diinginkan, tekan tombol "Done".

Edit hasil
Edit hasil (sumber: Android Gadgethacks)

Setelah tangkapan layar diambil, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki segala ketidaksempurnaan aplikasi. Misalnya, ada gambar yang tidak selaras sempurna. Kamu bisa gulir secara vertikal untuk meninjau tangkapan layar. Jika kamu melihat area yang bermasalah, tekan tombol "Adjust" di sebelahnya.

Kamu akan dibawa ke layar baru di mana kamu dapat menyesuaikan gambar untuk menyelaraskan mereka bersama-sama.Kamu dapat menggulir gambar atau menggunakan tombol manual di bagian atas dan bawah aplikasi. 

Penyetel di bagian atas dan bawah akan menyesuaikan gambar, menggerakkan gambar ke atas atau ke bawah dengan banyak piksel.
Ketika kamu telah menyempurnakan suatu segmen, tekan tombol "Done" di kanan atas. 

Saat kamu puas dengan hasilmu, tekan "Save." Kamu juga akan melihat kotak centang di kiri atas yang menanyakan apakah kamu ingin menyimpan semua gambar. Jika mengetuk ini, masing-masing gambar akan disimpan bersama dengan satu gambar panjang.

Kamu juga bisa membagikan hasil screenshot dengan mudah

bagikan hasil screenshot dengan mudah (sumber: Android Gadgethacks)

Setelah kamu menekan tombol save, kamu akan dibawa ke halaman hasil di mana kamuakan dapat melihat hasil screenshotmu. Jika kamu menekan tombol "Browse", kamu akan melihat versi layar penuh yang dapat digulirkan.

Kamu tidak harus menggunakan menu ini untuk melihat screenshotmu. Kamu dapat membuka Galeri atau aplikasi Foto default ponsel Androidmu untuk melihat dan berbagi tangkapan layar panjang yang baru saja kamu buat.
Lihat Juga