5 Rempah untuk Cerahkan Kulit 5 Rempah untuk Cerahkan Kulit - mizipediacom mizipediacom: 5 Rempah untuk Cerahkan Kulit

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

5 Rempah untuk Cerahkan Kulit

Thursday, August 1, 2019




Kulit cerah menjadi dambaan tiap orang. Mendapatkan kulit cerah bersinar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Gaya hidup kurang sehat ditambah faktor lain seperti polusi, sinar UV, dan stres dapat merusak kulit dan menjadikan kulit nampak kusam dan gelap.

Banyak pula produk kosmetik yang tersedia di pasaran saat ini mengandung bahan kimia berbahaya dan zat tambahan yang menyebabkan kerusakan tambahan pada kulit. Mencerahkan wajah menjadi misi yang cukup sulit dipecahkan. Meski banyak produk dan layanan perawatan untuk mencerahkan kulit, cara ini juga menimbulkan sejumlah efek samping dari bahan kimia yang ada.

Solusi terbaik dalam kondisi ini adalah menggunakan bahan-bahan alami atau produk yang aman digunakan. Bahan alami yang mudah ditemukan adalah rempah-rempah. Tak cuma jadi penyedap dalam masakan, rempah juga ternyata memiliki efek baik pada kulit.

Beberapa rempah bahkan telah digunakan sebagai bahan perawatan kulit tradisional selama bertahun-tahun. Rempah-rempah ini juga dipercaya dapat mencerahkan kulit, menyeimbangkan warna kulit, mengurangi noda dan bekas luka, bahkan melindungi kulit dari sinar UV.

Nah, apa saja rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bahan pencerah kulit? Simak rangkuman dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2019).

Kayu Manis

Kayu manis (iStockphoto)

Kayu Manis mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan peradangan jerawat serta kondisi kulit meradang seperti rosacea dan eksim. Kayu manis juga memiliki sifat mencerahkan kulit. Secara bertahap kayu manis dapat memudar bekas jerawat, noda, bintik hitam dan bekas jerawat.

Cukup tambahkan sedikit bubuk kayu manis dengan air lemon dan Anda memiliki solusi jerawat dan pencerah yang efektif. Campuran madu dan kayu manis juga sangat efektif untuk menyembuhkan luka dan mengobati masalah kulit yang gatal. Ini juga efektif untuk merawat komedo.

Jahe

Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Jahe dikenal karena sifat afrodisiak, antioksidan dan pengencangannya, yang berkontribusi pada kulit yang bercahaya. Jahe juga mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Jahe bekerja seperti toner alami. Ini bekerja untuk membersihkan dan memurnikan, memberi Anda kulit yang cantik, bercahaya, kencang.

Anda dapat menyiapkan masker sederhana dengan mencampur dua jahe parut dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh air lemon. Dinginkan selama setidaknya 30 menit. Oleskan di wajah dan bilas dengan air dingin setelah 30 menit. Ini akan memelihara, mencerahkan, melembutkan kulit dan mencegah penuaan.

Kencur

ilustrasi kencur (sumber: iStockphoto)

Manfaat kencur sebagai bahan herbal alami telah menjadi ramuan turun temurun masyarakat Indonesia. Tak cuma hadir sebagai jamu penyegar tubuh, kencur juga dapat mencerahkan wajah. Kencur juga merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Resep pencerah kencur yang paling terkenal adalah masker beras kencur. Cukup siapkan 2 sendok makan beras, air dan dua ruas kencur. Rendam beras dan haluskan berasama kencur dan air. Saring air beras kencur lalu diamkan beberapa saat sampai mengendap. Setelah mendapatkan endapan ini, buang airnya dan gunakan endapan beras kencur tersebut sebagai masker.

Kunyit

kunyit untuk kulit. (Akepong Srichaichana/Shutterstock)

Selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah mengaitkan kunyit dengan khasiat penyembuhan dan manfaat kosmetik salah satunya sebagai agen pencerah wajah. Manfaat kunyit didapat dari komponen bioaktifnya yang disebut kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Penelitian ilmiah modern juga mulai mempelajari dampak positif dari kunyit. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan efek pencerahnya.

Campurkan beberapa sendok makan kunyit dalam mangkuk plastik kecil dengan madu, yogurt atau susu. Aduk sampai campuran larut dan oleskan ke kulit yang baru dibersihkan. Biarkan hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Pala

ilustrasi pala/copyright Shutterstock

Pala adalah rempah-rempah yang berasal dari biji pohon pala. Pala asli dari Kepulauan Maluku dan merupakan satu-satunya pohon yang merupakan sumber dari dua rempah yang berbeda di dunia. Pala mengembalikan kelembapan sementara merangsang kulit kusam dan mempromosikan kulit yang cerah dan kencang, yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

Pala bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Menurut penelitian 2016, pala telah menunjukkan respons positif dalam mengobati infeksi kulit. Menariknya, penelitian oleh KE Lee dan rekannya menemukan bahwa pala dan senyawa bioaktif yang dikandungnya seperti macelignan - membantu menunda penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) yang berkepanjangan.

Campurkan ¼ sdt bubuk pala, 1 sdt air lemon dan 1 sdm yogurt kental dalam mangkuk. Oleskan lapisan tebal masker ini ke wajah, hindari mata dan mulut. Bilas setelah 7 menit dengan air dingin lalu oleskan pelembab.
Lihat Juga