Doa yang Perlu Dibaca Ketika Terjadi Gempa Agar Diberi Keselamatan Doa yang Perlu Dibaca Ketika Terjadi Gempa Agar Diberi Keselamatan - mizipediacom mizipediacom: Doa yang Perlu Dibaca Ketika Terjadi Gempa Agar Diberi Keselamatan

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Doa yang Perlu Dibaca Ketika Terjadi Gempa Agar Diberi Keselamatan

Saturday, August 3, 2019




Baru saja wilayah Banten dan sekitarnya diguncang gempa bumi yang mengguncang selama 4 menit. Gempa tersebut terjadi pada pukul 19.03 WIB, Jumat (2/8/2019).  


Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi bahwa gempa yang mengguncang memiliki magnitudo 7,4. Pusat dari gempa bumi tersebut ialah wilayah barat daya Sumur, Banten.

Sebagai negara yang berada di daerah ring of fire atau cincin api pasifik, membuat Indonesia sering dilanda gempa. Oleh sebab itu masyarakat Indonesia harus waspada dengan bencana alam tersebut.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi gempa, seperti lari ke tanah lapang hingga berdoa. Berikut Liputan6.com kutip dari berbagai sumber tentang doa-doa yang harus dibaca saat terjadi gempa bumi, Jumat (2/8/2019).

Doa ketika gempa bumi

Salah satu upaya yang bisa dilakukan saat terjadi gempa ialah berdoa. Berdoa menjadi aktivitas penting agar selalu diberi keselamatan oleh sang maha pencipta. Berikut doa gempa bumi yang bisa dibaca ketika gempa bumi terjadi.

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ
"Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi"
Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Doa ketika orang lain merasakan gempa

Ketika ada kabar gempa, tentu akan membuat banyak orang merasa prihatin dan perhatian. Sebagai sesama umat beragama, ada baiknya ikut mendoakan bagi saudara kita yang sedang merasakan gempa. 

Bersumber dari riwayat Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah, doa yang bisa dilafalkan ialah sebagai berikut.
"الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً"
"Alhamdulillaahil ladzii ‘aafaanii mimmab talaaka bihi. Wafadldlolanii ‘ala katsiirin mimman kholaqo tafdliilan."

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.

Keutamaan doa tersebut pernah disampaikan Rasulullah

Doa yang bisa dilafalkan ketika gempa mengguncang dan mendoakan yang terkena gempa bumi, sesuai dengan yang disabdakan Rasulullah sebagai berikut.
"مَنْ رَأَى صَاحِبَ بَلاَءٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً إِلاَّ عُوفِىَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلاَءِ كَائِنًا مَا كَانَ مَا عَاشَ"

Artinya:

“Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan (doa yang artinya) ‘Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya’ maka ia akan diselamatkan dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa ia hidup.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Lihat Juga