Hati - Hati Bahaya Obat Penggemuk Badan, Pil KIANPI Hati - Hati Bahaya Obat Penggemuk Badan, Pil KIANPI - mizipediacom mizipediacom: Hati - Hati Bahaya Obat Penggemuk Badan, Pil KIANPI

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Hati - Hati Bahaya Obat Penggemuk Badan, Pil KIANPI

Tuesday, August 13, 2019



Ilustrasi Foto Obat Gemuk

Sama seperti upaya menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga bisa dibilang sama sulitnya bagi beberapa orang yang sudah terlalu kurus. Itu mungkin sebabnya banyak yang lebih memilih untuk menggunakan cara instan dengan mengonsumsi obat penggemuk badan, pil KIANPI. Tapi apakah menggemukkan badan dengan cara ini benar aman tanpa efek samping?

Apa itu pil KIANPI, obat penggemuk badan?

Pil KIANPI adalah obat penggemuk badan yang diracik dari ramuan herbal tradisional. Pil ini dikatakan mampu meningkatkan nafsu makan, mengoptimalkan kerja saluran pencernaan, memaksimalkan penyerapan nutrisi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Produsen obat, Kweilin Drug Manufactory, mengklaim bahwa obat penggemuk badan ini dapat meningkatkan berat badan 2-3 kilogram hanya dalam kurun waktu satu minggu tanpa penimbunan lemak yang berlebihan.
Agar bisa mencapai hasil yang diinginkan, obat harus diminum dua kapsul sebelum tidur malam. Pil KIANPI ditujukan untuk konsumsi bagi orang-orang berusia di atas 15 tahun hingga 60 tahun, dan tidak direkomendasikan digunakan selama berkendara, juga selama masa kehamilan dan menyusui.

Apa saja kandungan dalam pil KIANPI?

Beberapa bahan utama yang digunakan untuk meramu obat penggemuk badan ini termasuk dong quai (Angelica sinensis), akar panax ginseng, dan ba ji tian (Morinda officinialis).
Dong quai adalah tanaman keluarga ginseng yang sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati sejumlah kondisi, seperti ejakulasi dini, sindrom premenstrual (PMS), sembelit, nyeri sendi, hingga tekanan darah tinggi. Dong quai mengandung efek estrogen dan mungkin memengaruhi hormon dalam tubuh. Dong quai juga mengandung coumarin, yang memberikan obat ini efek pengencer darah. Dalam satu kapsul, pil KIANPI mengandung 20 miligram ekstrak dong quai.
Ba ji tian, atau dikenal dengan nama latin Morinda officinialis, adalah tanaman keluarga mulberry. Akar ba ji tian telah digunakan turun temurun dalam pengobatan tradisional Cina untuk memperkuat tulang dan persendian, mengatasi ketidaksuburan, memperbaiki menstruasi tidak teratur, dan masalah kesehatan seksual lainnya. Ba ji tian juga digunakan untuk meringankan nyeri punggung dan penyusutan otot. Tanaman ini mengandung asam amino, beta sitosterol, dan kalsium. Dalam satu kapsul, pil KIANPI mengandung 22 miligram ekstrak ba ji tian.
Panax ginseng dikenal juga dengan nama ginseng merah Korea. Ginseng merah telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai suplemen peningkat energi yang juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi impotensi, dan meningkatkan gairah seksual pada wanita usia menopause. Dalam satu kapsul, pil KIANPI mengandung 28 miligram ekstrak akar panax ginseng.

Bagaimana cara kerja pil KIANPI dalam menggemukkan badan?

Dari ketiga bahan aktif utama yang terkandung dalam pil KIANPI, hormon estrogen nampaknya berperan besar di balik klaim manfaat menggemukkan badan ini. Estrogen adalah hormon yang penting untuk perkembangan seksual dan reproduktif manusia. Meski dikenal dengan julukan hormon seks wanita, estrogen juga dimiliki oleh pria dan sama pentingnya dalam menjaga fungsi tubuh mereka.
Perempuan menghasilkan estrogen di ovarium (dan di plasenta ketika hamil), sedangkan laki-laki memproduksi estrogen dalam testis. Kelenjar adrenal dan sel-sel lemak juga memproduksi estrogen. Kadar estrogen biasanya menurun seiring pertambahan usia, terutama bagi wanita menopause. Tubuh orang-orang yang terlalu kurus memiliki sangat sedikit lemak, yang menyebabkan tubuhnya kekurangan kadar estrogen.
Pil KIANPI diharapkan bekerja meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh yang terlalu kurus. Dengan demikian, peningkatan estrogen dapat meningkatkan pembentukan lemak tubuh yang pada akhirnya bisa menggemukkan badan. Kadar tinggi estrogen telah dikaitkan dengan pembentukan lemak di daerah pinggul, perut, dan paha.

Apa bahaya minum obat penggemuk badan pil KIANPI?

Food and Drugs Administration (FDA) memperingatkan konsumen untuk tidak membeli atau menggunakan pil KIANPI untuk menggemukkan badan. Hasil uji lab di Amerika Serikat melaporkan bahwa obat penggemuk badan ini mengandung dexamethasone, kortikostreoid yang biasa digunakan untuk mengobati peradangan, dan cyproheptadine, obat antihistamin resep yang digunakan untuk mengobati reaksi alergi.
Penggunaan kortikosteroid yang tidak pada tempatnya dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, menyebabkan lonjakan dramatis pada kadar gula darah, cedera otot, dan gejala psikiatrik. Ketika kortikosteroid dikonsumsi dalam waktu lama atau pada dosis tinggi, ini dapat menghambat kerja kelenjar adrenal dan menyebabkan gejala sakau obat saat dihentikan secara tiba-tiba.
Pada beberapa orang, penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan moon face, kondisi yang menyebabkan bentuk wajah berubah menjadi bundar akibat penumpukan lemak di sisi wajah. Efek samping umum lainnya dari penggunaan kortikosteroid termasuk jerawat, gynecomastia (pembesaran payudara pada laki-laki), penyusutan testis sementara, dan sakit di persendian.
Di sisi lain, antihistamin dapat menyebabkan kantuk dan memengaruhi kewaspadaan mental. Ini yang menjadi alasan kenapa pil KIANPI tidak boleh diminum saat berkendara.

Di Indonesia sudah dilarang

Obat penggemuk badan ini bekerja meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Yang perlu dipahami, kadar estrogen yang terlalu tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.
Dan, meski lemak di pinggul dan paha tidak berbahaya, lain ceritanya dengan lemak di perut. Penumpukan lemak di perut telah dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, stroke, dan bahkan beberapa jenis kanker lainnya. Ditambah lagi, bahan-bahan obat yang tidak tercantum pada label mungkin dapat menyebabkan efek samping yang serius bila dikombinasikan dengan obat lain.
Tidak hanya itu. Untuk bisa beredar di Indonesia, suplemen makanan dan obat-obatan herbal harus mendapatkan persetujuan resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) untuk dibuktikan keefektivitasan dan keamanannya. Tapi pada 2015 lalu, BPOM telah mengumumkan bahwa pil KIANPI termasuk salah satu dari 54 merek obat herbal berbahaya karena mengandung bahan kimia obat dan tidak memiliki nomor izin edar dari BPOM.
Sumber : hellosehat.com
Lihat Juga