MPU Aceh Fatwakan Haram untuk Prilaku Merusak Lingkungan MPU Aceh Fatwakan Haram untuk Prilaku Merusak Lingkungan - mizipediacom mizipediacom: MPU Aceh Fatwakan Haram untuk Prilaku Merusak Lingkungan

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

MPU Aceh Fatwakan Haram untuk Prilaku Merusak Lingkungan

Thursday, August 8, 2019




MPU Aceh Fatwakan Haram untuk Prilaku Merusak Lingkungan

BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa yang menyatakan haram terhadap aksi pengrusakan lingkungan.

Difatwakannya haram tindakan pengrusakan lingkungan itu karena dapat menyebabkan mudharat bagi makhluk hidup lainnya.

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali atau yang akrab disapa Lem Faisal kepada Serambinews.com, Rabu (7/8/2019) mengatakan, para ulama di Aceh sudah bermusyawarah selama beberapa hari terakhir.

Hasil rekomendasi menyatakan semua kegiatan eksplorasi lingkungan yang membawa mudharat bagi makhluk hidup lainnya haram hukumnya.

Baik yang dilakukan secara personal maupun secara perusahaan.

Lem Faisal mengatakan, dikeluarkannya fatwa haram tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya aksi perusakan lingkungan yang memberi dampak negatif kepada masyarakat.
.
"Selama ini banyak penebangan hutan secara besar-besaran sehingga terjadinya banjir bandang. Itu kan menyebabkan mudharat bagi makluk hidup lainnya, bukan hanya manusia tapi hewan-hewan juga," ujarnya.

Bahkan, lanjut Tgk Faisal Ali, baru-baru terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan beberapa warga sakit, terganggu pernafasan.

Ia menambahkan, yang menjadi sorotan pihak MPU Aceh karena selama proses eksplorasi lingkungan dilakukan dengan cara yang tidak baik, meskipun tujuan eksplorasi lingkungan tetap untuk tujuan yang baik.

Sumber : Serambinews
Foto : Ilustrasi/Halloriau.com
Lihat Juga