Penumpang Tujuan Ke Sabang Masih Padat, Hanya Dilayani Satu Kapal Penumpang Tujuan Ke Sabang Masih Padat, Hanya Dilayani Satu Kapal - mizipediacom mizipediacom: Penumpang Tujuan Ke Sabang Masih Padat, Hanya Dilayani Satu Kapal

Iklan Semua Halaman

Penumpang Tujuan Ke Sabang Masih Padat, Hanya Dilayani Satu Kapal

Monday, 19 August 2019


loading...
BANDA ACEH - Sudah hampir seminggu pelayaran kapal lambat ke Sabang hanya dilayani oleh satu kapal, yaitu Kapal Motor Penyeberangan (KMP) BRR. Sementara KMP Tanjung Burang saat ini sedang menjalani perawatan di Pelabuhan Balohan Sabang. Akibatnya penumpang kapal KMP BRRtampak membludak, terutama saat akhir pekan, seperti yang terjadi Sabtu (17/8).
Plt Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Muhammad Isa kepada Serambi mengatakan, kemarin penumpang kapal KMP BRR yang berlayar dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju Pelabuhan Balohan Sabang memang tampak penuh dengan penumpang, mulai hingga di ruang penumpang hingga geladak atas, termasuk penuh juga dengan kendaraan.
Menurutnya, hal itu terjadi karena pelayaran dari Banda Aceh hanya dilayani satu kapal. Kemudian ditambah lagi dengan adanya satu rombongan wisatawan yang menuju Sabang, yang jumlah diperkirakan mencapai ratusan orang.
"Kalau lonjakan penumpang tidak ada, tapi karena kapal yang jalan cuma satu dan tadi (kemarin) itu ada rombongan pelajar yang menuju Sabang yang jumlahnya bisa ratusan, makanya kapal nampak penuh sekali," ujar M Isa.
Dikatakan, meski penumpang tampak memenuhi kapal, namun jumlahnya masih dalam kapasitas normal kapal yaitu sekitar 300-an orang. Dalam pelayaran di hari normal, biasanya penumpang memang jarang terisi penuh karena banyak kapal yang melayani, namun kemarin kapal terisi penuh.
M Isa merincikan, kemarin pelayaran Banda Aceh-Sabang dilayani oleh empat trip kapal, yaitu dua trip kapal cepat dan dua trip kapal lambat KMP BRR yang masing-masing berlayar pagi dan siang.
Pantauan Serambi dari sejumlah postingan media sosial, suasana kapal KMP BRR yang berlayar kemarin memang tampak penuh dengan penumpang. Bahkan kondisi geladak atas, para penumpang saling berdesak-desakan.
Plt Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Muhammad Isa menambahkan, setelah menjalani masa perawatan selama enam hari, sejak Senin (12/8) lalu, KMP Tanjung Burang diperkirakan Minggu (18/8), hari ini, sudah bisa berlayar kembali untuk rute Banda Aceh-Sabang.
Dikatakan M Isa, dengan kembali berlayarnya KMP Tanjung Burang, maka rute penyeberangan Ulee Lheue-Balohan akan kembali dilayani dua kapal feri. Dengan begitu, maka antrean mobil di pintu kedua pelabuhan akan terus terurai. Karena saat ini di Pelabuhan Ulee Lheue saja ada puluhan mobil yang mengantre.
"Saat ini ada puluhan mobil yang antrea di pelabuhan, sebagian besarnya itu mobil pengangkut material yang kembali beraktivitas setelah lebaran. Kalau mobil pengangkut sayur dan kebutuhan pokok kita prioritaskan bisa menyeberang," jelas M Isa.
Sehingga, lanjutnya, jika rute tersebut kembali dilayani dua kapal, maka kemungkinan besar semua mobil itu akan terurai dan bisa masuk ke kapal untuk menyeberang. Katanya, memang paling banyak menumpuk itu mobil atau truk pengangkut material yang kembali beraktivitas setelah libur lebaran. Namun saat mereka masuk pelabuhan justru kapal yang berlayar hanya satu.(mun)

Editor: bakriS
Baca Juga

loading...