Submit Semua Jenis URL HTTPS HTTP WWW Dan non-WWW Di Google Search Console Submit Semua Jenis URL HTTPS HTTP WWW Dan non-WWW Di Google Search Console - mizipediacom mizipediacom: Submit Semua Jenis URL HTTPS HTTP WWW Dan non-WWW Di Google Search Console

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Submit Semua Jenis URL HTTPS HTTP WWW Dan non-WWW Di Google Search Console

Saturday, 3 August 2019




Sepertinya masih banyak blogger yang mengabaikan rujukan Google untuk menambahkan atau submit semua jenis URL HTTPS, HTTP, WWW, dan non-WWW di Google Search Console.
Baru sadar setelah membaca dengan teliti pesan di Google Search Console bahwa kita harus membuat properti dari semua tipe URL blog kita.
Jadi untuk Blogger (yang tidak menggunakan HTTPS), maka harus menambahkan properti di Google Search Console sebanyak 2 buah untuk URL sebagai berikut:
  1. Buat properti untuk URL http://www.domain.com/
  2. Dan buat juga properti untuk URL http://domain.com/
Ini berlaku juga untuk Blogger yang tidak pakai custom domain (yang masih menggunakan domain blogspot) dan mengaktifkan HTTPS.
  1. Buat properti untuk URL http://domain.blogspot.com/
  2. Dan buat juga properti untuk URL https://domain.blogspot.com/
Kini Blogger sudah support HTTPS untuk custom domain, jika Anda sudah mengaktifkan HTTPS untuk custom domain, Anda harus menambahkan properti di Google Search Console sebanyak 4 buah URL. Begitu pun untuk Wordpress, jika Anda menggunakan Wordpress dan menggunakan HTTPS, maka Anda harus menambahkan 4 buah properti sebagai berikut (jika tidak maka lakukan seperti di atas seperti untuk Blogger non HTTPS):
  1. Buat properti untuk URL http://www.domain.com/
  2. Buat properti untuk URL http://domain.com/
  3. Buat properti untuk URL https://www.domain.com/
  4. Dan buat juga properti untuk URL https://domain.com/
Kemudian di masing-masing properti silahkan submit sitemap dengan menambahkan sitemap.xml pada kolom submit sitemap. Untuk blogger bisa ditambahkan juga feeds/posts/default
Kemudian hal selanjutnya yang harus dilakukan setelah membuat properti untuk setiap URL, silahkan pilih apakah Anda ingin situs Anda muncul dengan atau tanpa "www" di Google Penelusuran. Gunakan versi yang sesuai dengan URL canonical blog, untuk Blogger silahkan pilih versi yang menggunakan "www".

Dengan begitu Google akan lebih komplit menampilkan statistik blog dari semua jenis URL https atau http dan www serta non-www.

Dan bagi yang belum mengerti apa itu HTTP dan HTTPS, ada sebuah artikel yang cukup menarik untuk disimak mengenai pengertian, perbedaan, dan keuntungan menggunakan HTTPS. Silahkan simak perbedaan HTTP dan HTTPS pada link berikut:
Semoga bermanfaat.

UPDATE:

Kini Google menyediakan cara baru sebagai alternatif submit blog di Google Search Console, yaitu dengan domain dengan DNS verification.
sumber : kompiajaib.com
Lihat Juga