10 Tanda Komputermu Diserang oleh Virus atau Malware 10 Tanda Komputermu Diserang oleh Virus atau Malware - mizipediacom mizipediacom: 10 Tanda Komputermu Diserang oleh Virus atau Malware

Iklan Semua Halaman

10 Tanda Komputermu Diserang oleh Virus atau Malware

Tuesday, 17 September 2019


loading...

Virus dan malware adalah dampak negatif dari kecanggihan teknologi. Mereka bisa memasang dirinya sendiri untuk menyerang PC kita. Tujuannya adalah untuk menyebarkan dirinya dan mendapatkan informasi dari setiap pengguna.


Semakin canggih virus dan malware, semakin halus pula cara kerja mereka. Akibatnya banyak orang yang tidak sadar bahwa PC mereka terinfeksi sampai terjadi kerusakan. Memang tidak ada cara yang jelas untuk memastikannya, tetapi kamu bisa coba mengamati tanda-tanda berikut ini. 

1. Kamu tidak bisa mengakses file tertentu di komputermu

Ketika PC terserang, sistem tidak mampu untuk mengakses dirinya sendiri. Kamu tidak akan mendapatkan izin untuk membuka file yang dihuni virus.

2. Kinerja komputer semakin lambat walaupun ruang untuk memori masih kosong

Penyebab PC yang melambat sebenarnya beragam. Namun yang sering terjadi adalah karena ulah dari virus. Mereka akan terus running sebagai background, sehingga komputer dipaksa melakukan pekerjaan lebih.

3. Kamu menyadari bahwa semakin banyak pesan pop-up di layar PC, terutama saat mengakses internet

Ketika diserang virus, kamu akan melihat lebih banyak iklan pop-up yang tampil. Jangan pernah mengkliknya jika kamu tidak mau kondisi PC-mu semakin parah.

4. Kamu akan mendengar banyak suara terutama pada bagian hard drive PC atau laptopmu

Virus akan membuat hard drive-mu bekerja terlalu keras. Ia pun akan mengeluarkan suara yang berisik karenanya. Hal ini akan tetap terjadi walaupun kamu tidak sedang menjalankan aplikasi apa pun.

5. Tiba-tiba storage space penuh padahal terakhir kali kamu cek, masih banyak memori yang tersisa

Ini adalah tanda yang cukup meyakinkan bahwa komputermu terserang virus. Penuhnya storage space secara tiba-tiba ini dikarenakan mereka menggandakan dirinya sendiri tanpa kamu sadari.

6. Banyak file yang hilang dengan sendirinya

Dampak paling menyebalkan dari adanya virus dan malware di komputer adalah mereka bisa menghilangkan file penting kita. Mereka melakukan ini dengan menghapus, memindahkan, atau bahkan menyembunyikannya.

7. Kamu akan menyadari bahwa aktivitas internetmu meningkat drastis walaupun sedang tidak menggunakannya

Sebelumnya coba cek dulu apakah ada aplikasi yang sedang update atau mengunduh data. Jika tidak, bisa jadi ini ulah dari malware. Mereka mengakses internetmu untuk mengirimkan informasi dari PC ke kawanannya.

8. Ada banyak aktivitas PC yang mencurigakan, seperti program terbuka dan tertutup sendiri, shut down tiba-tiba, serta peringatan error

Sebenarnya ini mungkin terjadi karena isu-isu teknis. Namun ada kemungkinan juga virus dan malware adalah penyebabnya.

9. Kamu mendapatkan peringatan dari antivirusmu bahwa proteksi mereka dinonaktifkan

Tahukah kamu bahwa sebagian virus sangat canggih sehingga bisa mematikan program antivirus yang kamu miliki? Maka dari itu, jika muncul pesan seperti itu, jangan sampai diabaikan ya.

10. Terdapat aktivitas mencurigakan di akun-akun media sosial dan email-mu

Terkadang virus dan malware juga bisa mengakses akun-akun tersebut. Mereka akan mengirimkan pesan yang biasanya berisi link mencurigakan kepada teman-temanmu. Ini adalah cara mereka untuk menginfeksi perangkat lain. Jika kamu mengalaminya, segera ganti kata sandimu.
Jika kamu mendapatkan gejala-gejala yang disebutkan, segera install software antimalware atau antivirus baru yang terpercaya. Kemudian lakukan scan dan matikan semua virus yang bersarang di komputermu.
Nah untuk jaga-jaga, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai upaya pencegahan. Di antaranya, jangan install software yang berasal dari sumber yang tidak jelas, pasang ad-blocker, dan hindari link yang mencurigakan. 
Sumber: idstimes.com

Baca Juga

loading...