Kosmetik Ilegal Senilai Rp 326 Juta Disita BBPOM Aceh Kosmetik Ilegal Senilai Rp 326 Juta Disita BBPOM Aceh - mizipediacom mizipediacom: Kosmetik Ilegal Senilai Rp 326 Juta Disita BBPOM Aceh

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Kosmetik Ilegal Senilai Rp 326 Juta Disita BBPOM Aceh

Monday, 2 September 2019




BANDA ACEH - Sebanyak 926 jenis kosmetik ilegal yang diduga mengandung zat berbahaya diamankan pihak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh pada aksi operasi pasar bersama tim gabungan dari Kepolisian, Satpol PP dan BPOM pada Januari hingga Agustus 2019.
.
Kelapa BBPOM Aceh, Zulkifli menyebutkan penertiban pasar dari kosmetik ilegal atau mengandung zat berbahaya dilaksanakan di 6 kabupaten kota di Aceh yang terdiri Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Utara, Lhokseumawe, Langsa dan Bireuen.

Hasil pemeriksaan rutin dan operasi pasar tersebut, ditemukan 10.586 pieces kosmetik tanpa ijin edar dari BPOM. "Dari kosmetik yang diamankan itu, sebagian kosmetik ada yang mengandung zat berbahaya. Untuk nilai ekonomi dari seluruh barang kalau di uangkan senilai Rp326 juta lebih," katanya, Senin (2/9).
.
Ia juga menyebutkan terhadap pemilik sarana telah diberikan pembinaan dan membuat surat pernyataan tidak mengulangi mengedarkan kosmetik ilegal, namun apabila masih mengedarkan akan dikenakan sanksi hukum yang berlaku.
.
"Kita berikan sangsi administrasi terlebih dahulu, kalau kemudian didapatkan masih menjual kosmetik tanpa memiliki ijin edar, maka akan dikenakan sanksi hukum," ujarnya.

Terkait dengan beredar luas kosmetik tanpa ijin edar dari BPOM, pihaknya meminta kepada masyarakat terutama generasi milenial agar cerdas memilih produk yang digunakan.
.
"Kita terus lakukan sosialisasi akan bahaya kosmetik yang tidak memiliki ijin edar. Penggunaan kosmetika paling banyak di kalangan remaja," ungkapnya.

Sumber : AJNN.net
Foto : ANTARA/Ampelsa
Lihat Juga