Waspada! Kebiasaan Main Ponsel di Toilet Bikin Wasir? Simak Penjelasannya Waspada! Kebiasaan Main Ponsel di Toilet Bikin Wasir? Simak Penjelasannya - mizipediacom mizipediacom: Waspada! Kebiasaan Main Ponsel di Toilet Bikin Wasir? Simak Penjelasannya

KATEGORI










LIVE TV

Iklan Semua Halaman

Waspada! Kebiasaan Main Ponsel di Toilet Bikin Wasir? Simak Penjelasannya

Monday, 23 September 2019




Jakarta – Buat kamu yang punya kebiasaan main ponsel, buka-buka media sosial sambil BAB, ada baiknya kamu meninggalkan kebiasaan ini. Soalnya alih-alih menunggu BAB, duduk terlalu lama di toilet bisa memicu wasir.
Mungkin anda bertanya Bagaimana bisa? Ini dikarenakan duduk terlalu lama di toilet meningkatkan tekanan pada pembuluh darah anus di rektum bawah. Begitu juga mengejan saat buang air besar. Ingin tahu lebih lanjut mengenai kaitan main ponsel di toilet dengan wasir, baca artikel ini lebih lanjut. 

Penyebab Wasir

Penyebab paling umum dari wasir adalah mengejan berlebihan saat buang air besar. Peregangan yang lama ini menyebabkan jaringan pendukung bantal anal hancur. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Verizon Wireless, 9 dari 10 orang membawa ponselnya ke kamar mandi. Pun, saat ini koran telah digantikan dengan gadget untuk mengisi waktu menunggu saat BAB. 
Bisa jadi kamu hanya sekadar ingin “membunuh” waktu, makanya membawa ponsel, tetapi yang sering terjadi adalah durasi untuk duduk di toilet menjadi lebih lama, karena kamu melakukannya sambil main ponsel. 
Inilah yang menyebabkan tekanan berlebih pada anus, belum lagi paparan bakteri ekstra yang menempel di tubuhmu. Ditambah kontaminasi bakteri pada ponsel ketika kamu meletakkan ponsel di kamar mandi saat hendak membersihkan diri. 
Mengetahui kemungkinan risiko wasir dan paparan bakteri, ada baiknya kamu menghindari terlalu banyak menghabiskan waktu di toilet saat BAB. Kalau memang belum ada keinginan untuk BAB, sebaiknya kamu tunggu sampai rangsangan itu datang, baru duduk di toilet. 
Waktu ideal untuk BAB adalah 1–15 menit, lebih dari situ bisa meningkatkan risiko wasir. Hindari duduk lama dan berusaha keras untuk waktu yang lama supaya kotoran bisa keluar. Kalau kamu punya masalah dengan wasir, ingin tahu lebih detail informasi mengenai hal ini, bisa tanyakan langsung ke Halodoc.  
Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Cegah Wasir dengan Ini

Ketika kamu memiliki kebiasaan tidak baik perihal main ponsel saat BAB, ini akan meningkatkan risiko mengidap wasir. Selain mengubah kebiasaan buruk tersebut, ada baiknya kamu mulai memerhatikan pola hidup mulai dari makanan yang dimakan sampai kebiasaan sehari-harimu. 
  1. Makan-Makanan Tinggi Serat

Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Ini dapat membantu melunakkan kotoran, sehingga saat pembuangan lebih lancar. Makanan berserat juga membantu menghindari ketegangan pembuluh darah yang dapat menyebabkan wasir. 
  1. Minum Banyak Cairan

Minumlah enam hingga delapan gelas air setiap hari untuk membantu menjaga tinja tetap lembut.
  1. Jangan Tegang

Mengejan dan menahan napas saat mencoba mengeluarkan tinja menimbulkan tekanan yang lebih besar di pembuluh darah di dubur bawah.
  1. Pergi Segera setelah Merasakan Dorongan ingin BAB 

Jika kamu sering menahan BAB, tinja bisa mengering sehingga lebih sulit untuk keluar.
  1. Olahraga

Tetap aktif untuk membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada vena, yang dapat terjadi akibat berdiri atau duduk dalam waktu lama. Olahraga juga dapat membantu kamu menurunkan berat badan berlebih yang mungkin berkontribusi terhadap wasir.
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Hemorrhoids.
Medical Daily. Diakses pada 2019. Can Smartphone Use in Bathroom Give You Hemorrhoids?
Healthline. Diakses pada 2019. How Using Your Phone While You Poo Can cause Hemorrhoids?
Lihat Juga