Bagus Mana Visitor Search Engine Atau Visitor Sosial Media Bagus Mana Visitor Search Engine Atau Visitor Sosial Media - mizipediacom mizipediacom: Bagus Mana Visitor Search Engine Atau Visitor Sosial Media

Iklan Semua Halaman

Bagus Mana Visitor Search Engine Atau Visitor Sosial Media

Monday, 7 October 2019



loading...

Mungkin di antara sebagian dari teman-teman masih banyak yang berdebat di dunia blogging ini khususnya untuk masalah visitor atau traffic yang hubungannya dengan Adsense, terutama masalah yang berhubungan dengan CPC Adsense.

Ada yang mengatakan bahwa visitor yang datang dari search engine (selanjutnya kita sebut visitor search engine) atau kata lain langsung dari google akan lebih baik dari visitor yang datang dari sosial media (selanjutnya kita sebut visitor sosial media) khususnya dampaknya terhadap penghasilan Adsense.

Banyak yang mengatakan, "jangan share artikel ke sosial media..." jika tidak ingin CPC Adsense jadi rendah.
Apakah itu betul bahwa share artikel ke sosial media itu bisa menyebabkan CPC Adsense menjadi rendah?

Tentu saja hal ini harus ada penjelasannya secara ilmiah agar tidak terus menyebabkan kebingungan di antara blogger.

Karena kita tahu bahwa share artikel ke sosial media adalah salah satu cara untuk mendatangkan visitor ke blog kita.

Lalu apa jadinya jika kenyataannya bahwa share artikel ke sosial media dapat menyebabkan CPC Adsense menjadi kecil sehingga penghasilan dari Adsense semakin kecil?

Nah daripada bingung, mari kita main logika-logikaan karena di sini kita bukan pakar Adsense atau pakar Analitycs, hanya sebatas blogger yang sedang belajar membuat blog menjadi lebih baik agar penghasilan Adsense pun menjadi semakin baik.

Main Logika?


Tentu ada sebagian dari Anda akan bertanya seperti itu. Karena menurut saya, semua ilmu pengetahuan di dunia ini adalah berdasarkan pada LOGIKA.

Ma'af jika saya salah ya, ini hanya dari sekedar pemahaman saya, seorang blogger ndeso yang hanya lulusan SMA.

Jadi, untuk mengetahui kenapa ada yang menyebutkan bahwa visitor dari sosial media itu dapat memperkecil nilai CPC Adsense, kita harus melihat logikanya dulu agar tahu penyebabnya dan tentu saja nanti akan tahu juga cara mengatasinya.

Lantas, logika bagaimana yang harus kita lihat?




Untuk mengerti logika ini, tentu saja sebelumnya kita harus mengerti dulu bagaimana Adsense menampilkan iklan di blog.

Cara Adsense Menampilkan Iklan Di Blog


Seperti pada postingan saya sebelumnya tentang Cara Mudah Setting Ad Balance Google Adsense Agar Penghasilan Meningkat

Dan penentu yang paling baik untuk mendapatkan CPC Adsense yang tinggi adalah faktor keyword yang kita gunakan pada artikel kita.

Banyak advertiser yang memasang iklan dengan bayaran tinggi yang menargetkan pada keyword-keyword tertentu.

Jika kita bisa membuat artikel dengan keyword-keyword tersebut (istilah ini biasa disebut dengan HPK atau High Payment Keywords atau keyword-keyword dengan bayaran tinggi), maka tentu saja kemungkinan iklan-iklan dengan harga yang tinggi akan muncul.

Dengan mengetahui cara Adsense menampilkan iklan ini, tentu saja selanjutnya kita akan lebih mengerti efek dari visitor search engine dan sosial media.

Efek Visitor Search Engine Dan Visitor Sosial Media

Sekarang mari kita ketahui logika apa yang terjadi antara visitor search engine dan sosial media dan pengaruhnya terhadap Adsense.

Visitor Search Engine

Seperti kita ketahui bahwa visitor search engine menemukan artikel blog kita di halaman pencarian berdasarkan keyword yang mereka ketikan di kotak pencarian atau yang mereka ucapkan atau tanyakan pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan lainnya.

Dengan keyword tersebut mereka masuk ke artikel blog kita melalui halaman pencarian. Maka di sini Adsense akan mendapatkan keyword, minat, dan histori pengunjung untuk menampilkan iklan.

Jika keyword yang digunakan termasuk HPK ditambah dengan minat dan history pengunjung akan keyword tersebut, maka tentu saja kemungkinan besar iklan yang ditampilkan akan berupa iklan dengan bayaran yang tinggi.

Dan karena minat dari pengunjung pada iklan semakin tinggi karena masih satu keyword dengan minatnya, maka kemungkinan klik iklan pun akan semakin tinggi.

Itulah kenapa visitor search engine atau disebut juga visitor organik sangat diinginkan oleh semua publisher Adsense.
Masuk logika, bukan?

Visitor Sosial Media

Sementara visitor sosial media, entah dari hasil share ataupun ngiklan, yang datang ke artikel blog kita bukan dari hasil keyword penelusuran.
Mereka masuk ke artikel kita karena memang artikel kita ada di hadapan mereka di sosial media. Tapi tunggu dulu, jangan underestimate dulu.

Mereka mengklik artikel kita karena tentu saja ada ketertarikan pada artikel kita. Artinya mereka memiliki minat yang sama dengan artikel yang kita buat.

Nah di sini Adsense tidak bisa menangkap keyword pengunjung dan hanya menyerap keyword dari artikel saja, hanya mendapat minat dan histori pengunjung. Sehingga iklan yang muncul tidak tertarget atau campur-campur.

Itulah sebabnya kita akan mendapatkan iklan dengan CPC rendah.

Tapi tunggu dulu, ada solusi untuk mendapatkan iklan dengan CPC tinggi untuk visitor sosial media.

Tentu saja dengan membuat artikel yang mengandung HPK. Jadi ketika kita membagikannya ke sosial media, maka visitor yang dijaring adalah visitor yang memiliki minat yang sama dengan HPK yang kita gunakan.

Meskipun tidak seakurat dengan visitor search engine, tetapi dengan ini akan memberikan kemungkinan iklan yang tampil dengan CPC yang tinggi akan semakin banyak.

Masuk akal, bukan?

Kesimpulan

Nah, akhirnya di sini kita bisa mendapatkan kesimpulan antara pengunjung dari search engine dan pengunjung dari sosial media.

Yang intinya adalah buatlah artikel dengan HPK, tulis artikel dengan baik dan benar (baik secara kosa kata, ejaan, dan penulisan kata serta penulisan HTML), dan buatlah halaman dapat dimuat secepat mungkin.

Dengan begitu kita tidak akan khawatir lagi untuk mendapatkan pengunjung, baik dari halaman pencarian maupun dari sosial media.
Yang tidak boleh itu:
  • Melakukan spam pada artikel dengan maksud mengelabui mesin pencari, misal dengan hidden keyword atau keyword stuffing yang akhirnya tidak relevan dengan artikel. Akibatnya blog kita akan dicap spam dan bisa berujung deindex.
  • Membagikan artikel ke forum sosmed yang melanggar aturan forum. Ada beberapa forum yang melarang anggotanya untuk share artikel. Jika kita melanggarnya maka kita akan ditandai sebagai spam oleh admin forum. Akibatnya kita akan dibanned dari forum tersebut, dan yang lebih parahnya kita tidak bisa share artikel di sosmed tersebut.
Jadi, sekarang kita jangan khawatir CPC Adsense akan merosot gara-gara share ke sosmed, selama kita membuat artikel dengan HPK serta menulis artikel dengan baik dan benar.

Karena sosial media juga termasuk salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung blog.

Meski kita tidak share artikel ke sosial media, akan ada kemungkinan pengunjung akan membagikan artikel kita ke sosmed mereka.

Dan jika kita tidak menyediakan tombol share agar tulisan kita tidak dibagikan ke sosmed, ada banyak cara untuk membagikan tulisan ke sosmed.

Jadi jangan khawatir dengan sosial media. Masuk logika, bukan?

Yang jangan kita pikirkan itu adalah kekuasaan Tuhan, karena itu tidak akan masuk logika manusia.
Semoga tulisan ini bermanfaat.
Salam blogger.

Sumber: Kompiajaib.com
Baca Juga

loading...